ISIS Klaim Serangan di Gedung Parlemen Iran

Rabu, 07 Juni 2017 - 23:00 WIB
ISIS Klaim Serangan di Gedung Parlemen Iran
ISIS Klaim Serangan di Gedung Parlemen Iran
A A A
TEHERAN - Kelompok ekstrimis Negara Islam Irak Suriah atau ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan di Gedung Perlemen dan makam tokoh revolusioner Iran. Klaim tersebut diumumkan melalui media forum online kelompok ekstrimis itu. Jika asli, klaim tersebut menandai serangan pertama kelompok tersebut terhadap Iran.

"Pejuang dari Negara Islam (ISIS) menyerang makam Khomeini dan gedung parlemen di Teheran," kata media Amaq, mengutip sebuah "sumber keamanan" seperti dilansir dari Al Jazeera, Rabu (7/6/2017).

ISIS kemudian memasang sebuah video, menunjukkan apa yang diklaimnya sebagai cuplikan dari dalam gedung parlemen saat serangan itu berlangsung. Video tersebut menunjukkan tubuh berdarah dan tak bernyawa yang tergeletak di tanah di samping sebuah meja.

Sebuah suara di video memuji Tuhan dan berkata dalam bahasa Arab: "Apa menurutmu kita akan pergi? Kita akan tetap, Insya Allah." Suara lain mengulangi kata-kata yang sama.

Keduanya tampaknya menirukan slogan yang digunakan oleh juru bicara ISIS, Abu Mohammad al-Adnani, yang terbunuh di Suriah tahun lalu.

Serangan di makam Khomeini secara simbolis menarik perhatian. Sebagai Pemimpin Tertinggi Iran, Khomeini adalah tokoh yang menjulang tinggi di negara ini dan merupakan pemimpin revolusionernya dalam penggulingan Dinasti Shah Iran pada 1979.

Diberitakan sebelumnya, sedikitnya 12 orang tewas setelah sekelompok orang bersenjata menyerang perkantoran parlemen Iran dan aksi bom bunuh diri di makam pencetus revolusioner Iran Ruhollah Khomeini.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4230 seconds (0.1#10.140)