Pakar Konfirmasi Rudal yang Menghantam Fasilitas Biji-bijian Polandia Milik Ukraina

Selasa, 26 September 2023 - 16:01 WIB
loading...
Pakar Konfirmasi Rudal yang Menghantam Fasilitas Biji-bijian Polandia Milik Ukraina
Pakar Polandia mengkonfirmasi jika rudal yang menghantam pertanian negara itu pada November lalu adalah milik Ukraina. Foto/Jakub Orzechowski/Agencja Wyborcza.pl via REUTERS
A A A
WARSAWA - Para ahli dari Polandia mengonfirmasi bahwa rudal yang menewaskan dua orang di fasilitas biji-bijian pada November lalu ditembakkan oleh Ukraina . Begitu laporan harian Polandia, Rzeczpospolita, mengutip sumber anonim.

Sumber yang mengetahui penyelidikan tersebut mengatakan kepada Rzeczpospolita bahwa Polandia telah menetapkan bahwa rudal yang mendarat di desa Przewodow adalah rudal pertahanan udara S-300 5-W-55 yang ditembakkan dari wilayah Ukraina.

“Roket ini memiliki jangkauan 75 km hingga 90 km,” lapor surat kabar itu mengutip sumber tersebut.

“Pada saat itu, posisi Rusia berada di tempat yang tidak memungkinkan rudal Rusia mencapai Przewodow,” sambungnya seperti dikutip dari Reuters, Selasa (26/9/2023).

Ukraina sendiri membantah bahwa salah satu rudalnya telah mendarat di Polandia.



Rzeczpospolita melaporkan bahwa pihak Ukraina belum memberikan materi apa pun kepada penyelidik Polandia.

Surat kabar tersebut mengutip Lukasz Lapczynski, juru bicara kantor kejaksaan Polandia, yang mengatakan bahwa jaksa telah menerima pendapat para ahli namun tidak mengungkapkan isinya karena bersifat rahasia.

Lapczynski tidak dapat segera dihubungi untuk memberikan komentar dan kantor kejaksaan Polandia tidak segera menanggapi permintaan pernyataan melalui email.

Ledakan rudal di Polandia yang merupakan anggota NATO memicu kekhawatiran bahwa perang di Ukraina dapat berkembang menjadi konflik yang lebih luas karena memicu klausul pertahanan bersama aliansi tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1872 seconds (0.1#10.140)