Serangan London Bridge Dendam untuk Rudal 'Love from Manchester'

Senin, 05 Juni 2017 - 07:47 WIB
Serangan London Bridge Dendam untuk Rudal Love from Manchester
Serangan London Bridge Dendam untuk Rudal 'Love from Manchester'
A A A
LONDON - Para pendukung ISIS mengklaim bahwa serangan teror di London Bridge merupakan balas dendam untuk rudal Angkatan Udara Inggris (RAF) yang ditulisi “Love from Manchester”. Rudal itu disiapkan untuk menyerang ISIS di Suriah setelah serangan bom di Manchester Arena.

Tulisan “Love from Manchester” itu ditulis oleh kru skuadron drone RAF yang ditempatkan di lokasi rahasia di Timur Tengah.

Badan intelijen swasta, Search International Terrorist Entities (SITE) Intelligence Group, yang rajin memantau aktivitas kelompok Islamic State atau ISIS di dunia maya, telah menganalisis posting online para pendukung ISIS soal serangan di London Brigde sebagai pembalasan atas rudal tersebut.

Menurut media ISIS, Amaq, kelompok teror tersebut mengaku bertanggung jawab atas serangan di London yang sejauh ini menyebabkan tujuh orang tewas dan 48 orang luka-luka. Beberapa dari korban lika dalam kondisi kritis.

Sebanyak 12 orang telah ditangkap sehubungan dengan serangan tersebut. Analis terorisme dan salah satu pendiri SITE, Rita Katz, men-tweet-kan laporan Amaq soal klaim ISIS sebagai pihak di balik serangan di London Bridge. ISIS mengancam akan ada lebih banyak kekejaman yang akan terjadi.

ISIS juga mendesak pendukungnya untuk menculik warga sipil dengan mobil. “Breaking: #ISIS #Amaq mengklaim serangan di #London yang dilakukan oleh petempur #ISIS, menurut sumbernya,” tulis Katz, via akun Twitter-nya yang terverifikasi, @Rita_Katz.

Amaq mengklaim soal #LondonAttacks (Serangan London): Itu dilakukan oleh petempur ISIS yang dilepas. Kemungkinan terkoordinasi dengan ISIS, bukan orang yang terinspirasi ISIS,” lanjut tweet Katz, yang dikutip Senin (5/6/2017).

#ISIS butuh lebih dari 24 jam untuk mengklaim serangan tersebut, meskipun jelas bahwa mereka akan mengklaim #LondonAttacks (Serangan London),” imbuh tweet Katz.

Foto rudal untuk menyerang ISIS itu pernah dikonfirmasi RAF sebagai foto asli. Katz menemukan foto rudal yang di-posting online oleh pendukung ISIS dengan judul; ”Ini adalah barang daganganmu dan malam ini kami menanggapinya”.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6757 seconds (0.1#10.140)