Hongaria Keluarkan Ultimatum pada Ukraina, Ini Isinya

Selasa, 26 September 2023 - 00:01 WIB
loading...
Hongaria Keluarkan Ultimatum pada Ukraina, Ini Isinya
Perdana Menteri (PM) Hongaria Viktor Orban. Foto/REUTERS
A A A
BUDAPEST - Hongaria tidak akan mendukung Ukraina “dalam masalah apa pun” sampai Kiev memulihkan hak-hak etnis Hongaria di wilayahnya.

Perdana Menteri (PM) Hongaria Viktor Orban mengeluarkan ultimatum itu di parlemen pada Senin (25/9/2023). Dukungan Budapest sangat penting bagi upaya Ukraina untuk bergabung dengan Uni Eropa (UE).

“Kami tidak akan mendukung Ukraina dalam masalah apa pun dalam kehidupan internasional sampai mereka memulihkan undang-undang yang menjamin hak-hak warga Transkarpatia Hongaria,” ujar Orban.

Dia menekankan, “Selama bertahun-tahun (Ukraina) telah menyiksa sekolah-sekolah Hongaria.”

Sejak tahun 2017, undang-undang berturut-turut yang mewajibkan penggunaan bahasa Ukraina telah mengakibatkan penutupan sekitar 100 sekolah Hongaria di Ukraina.

Undang-undang ini telah dikritik keras oleh Dewan Eropa dan organisasi hak asasi manusia.

Menurut Orban, situasinya memburuk dengan dimulainya tahun ajaran baru, dengan manajemen di satu sekolah di kota Munkacs melarang nyanyian lagu kebangsaan Hongaria atau pemakaian warna nasional Hongaria pada hari pertama masuk kelas.

Sekitar 156.000 etnis Hongaria tinggal di Ukraina, sebagian besar dari mereka berada di wilayah Transcarpathia.

Dulunya merupakan bagian dari Kekaisaran Austro-Hungaria, wilayah ini berada di bawah kendali Soviet setelah Perang Dunia II.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1715 seconds (0.1#10.140)