Ribuan Warga Etnis Armenia Mulai Melarikan Diri dari Nagorno-Karabakh

Senin, 25 September 2023 - 18:31 WIB
loading...
A A A
“Kami informasikan kepada Anda bahwa semua warga negara yang ingin pindah dari Artsakh ke Armenia akan mempunyai kesempatan itu,” demikian keterangan Pemerintahan Nagorno-Karabakh. Dikatakan bahwa bahan bakar gratis akan diberikan pada Senin malam bagi semua orang yang ingin meninggalkan wilayah tersebut.

Warga Armenia di Karabakh, wilayah yang diakui secara internasional sebagai bagian dari Azerbaijan, dipaksa melakukan gencatan senjata pekan lalu setelah operasi militer 24 jam oleh militer Azerbaijan yang jauh lebih besar.

Petya Grigoryan, seorang pengemudi berusia 69 tahun, mengatakan desanya di tempat yang dikenal orang Armenia sebagai distrik Martakert di Karabakh telah diserang oleh angkatan bersenjata Azerbaijan. Ada dua truk KAMAZ yang penuh dengan warga sipil yang tewas di desa tersebut.

“Tidak ada tempat untuk menguburkan mereka,” kata Grigoryan kepada Reuters

Dari 500 penduduk desa, katanya, 40 orang telah keluar.

Reuters tidak dapat memverifikasi pernyataannya secara independen, namun hal tersebut sejalan dengan pernyataan yang diberikan oleh etnis Armenia lainnya yang melarikan diri dari Karabakh, yang menurut Azerbaijan akan diubah menjadi "surga" dan terintegrasi penuh.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1287 seconds (0.1#10.140)