Produksi Opium Afghanistan Menurun, PBB Justru Ingatkan Peningkatan Kematian Akibatkan Overdosis

Rabu, 26 Juni 2024 - 15:10 WIB
loading...
Produksi Opium Afghanistan...
Opium dari Afghanistan mengalami penurunan produksi. Foto/AP
A A A
KABUL - Penurunan produksi opium di Afghanistan , yang telah lama menjadi pemasok dominan dunia, dapat meningkatkan kematian akibat overdosis. Itu disebabkan pengguna heroin beralih ke opioid sintetis yang sudah terbukti mematikan di Eropa.

Budidaya opium, bahan baku pembuatan heroin, turun sebesar 95% di Afghanistan tahun lalu setelah Taliban melarang produksi narkotika pada tahun 2022.

"Meskipun produksi opium di Myanmar meningkat sebesar 36% tahun lalu, produksi opium tersebut masih turun secara global sebesar 75%," demikian keterangan kata Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan (UNODC) dalam Laporan Narkoba Dunia tahunan yang diterbitkan pada hari Rabu (26/6/2024), dilansir Reuters.

“Akibat dari kekurangan opiat Afghanistan yang berkepanjangan dapat menimbulkan konsekuensi ganda di Afghanistan dan di negara-negara transit dan tujuan opiat Afghanistan. Kemurnian heroin di pasaran diperkirakan akan menurun,” kata UNODC.

Observasi awal di lapangan menunjukkan kemungkinan adanya sedikit peningkatan penanaman opium di Afghanistan pada tahun ini, namun kecil kemungkinannya akan kembali ke tingkat sebelum pelarangan, kata UNODC.

Meskipun dilaporkan bahwa “tidak ada kekurangan nyata” di pasar tujuan utama opiat Afghanistan seperti Eropa, Timur Tengah, dan Asia Selatan hingga awal tahun 2024, hal itu dapat berubah jika panen di masa depan tetap kecil, tambahnya.

“Permintaan terhadap layanan pengobatan opiat, termasuk metadon, buprenorfin, dan pengobatan morfin pelepasan lambat, mungkin meningkat, namun jika layanan ini tidak mencukupi, pengguna heroin dapat beralih ke opioid lain,” kata laporan tersebut, yang menguraikan potensi dampak dari pengurangan opiat. memasok.



“Peralihan seperti itu dapat menimbulkan risiko yang signifikan terhadap kesehatan dan menyebabkan peningkatan overdosis, terutama jika opioid alternatif mengandung zat yang sangat kuat seperti analog fentanil atau nitazene yang telah muncul di beberapa negara Eropa dalam beberapa tahun terakhir,” tambahnya.

Kematian akibat overdosis nitazene, sejenis opioid sintetik yang lebih kuat daripada fentanil, telah dilaporkan di Irlandia, Inggris, Estonia dan Latvia, kata kepala penelitian UNODC Angela Me kepada wartawan.

Biasanya pengguna heroin akan membeli apa yang mereka anggap sebagai heroin, namun heroin tersebut telah digantikan dengan nitazene yang jauh lebih murah dan lebih manjur, kata Me. Obat tersebut kemudian terdeteksi ketika tes dilakukan setelah kematian akibat overdosis.

Laporan luas tersebut juga mengatakan pasokan kokain mencapai rekor tertinggi pada tahun 2022, tahun terakhir dimana data tersedia. Meskipun konsumsi di Amerika Serikat tampak menurun, pengujian air limbah menunjukkan konsumsi meningkat di Eropa.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2177 seconds (0.1#10.140)