10 Negara dengan Situs Warisan Dunia UNESCO Terbanyak

Minggu, 24 September 2023 - 19:25 WIB
loading...
A A A
Masing-masing situs ini merupakan permata mahkota umat manusia, yang melestarikan gaung peradaban masa lalu. Namun, di luar peninggalan-peninggalan yang berwujud ini, Meksiko juga menghargai tradisi-tradisinya yang masih hidup, dengan 9 adat istiadat dan perayaan yang dinamis yang mendapat tempat di antara jajaran Warisan Budaya Takbenda yang terhormat.

8. Britania Raya

10 Negara dengan Situs Warisan Dunia UNESCO Terbanyak

Foto/The Travel

Inggris Raya, dengan sejarah dan tradisi budayanya yang mengakar, adalah harta karun berupa keindahan alam dan warisan. Negara ini memiliki 33 Situs Warisan Dunia UNESCO yang mengesankan, masing-masing berkontribusi terhadap permadani sejarah yang beragam dan rumit yang mencakup berbagai wilayah.

Dari dataran terjal di Skotlandia hingga perbukitan di Inggris, bentang alam Wales yang dramatis, dan bangunan bersejarah di Irlandia Utara, situs-situs UNESCO di Inggris menawarkan perpaduan unik antara tantangan dan inspirasi. Yang membedakan situs-situs ini adalah kemampuannya memikat dan memotivasi pengunjung.

9. Iran

10 Negara dengan Situs Warisan Dunia UNESCO Terbanyak

Foto/The Travel

Iran baru-baru ini naik ke peringkat 10 dalam peringkat Situs Warisan Dunia UNESCO, berbagi perbedaan dengan Amerika Serikat. Warisan Iran mencakup total 26 situs, terdiri dari 24 kekayaan budaya dan 2 kekayaan alam yang telah diakui di kancah dunia.

Juli 2021 menandai momen penting bagi Iran dengan ditambahkannya dua situs UNESCO baru. Kereta Api Trans-Iran, sebuah keajaiban teknik yang menghubungkan Laut Kaspia di timur laut ke Teluk Persia, mendapatkan tempatnya di Daftar Warisan Dunia UNESCO. Selain itu, lanskap budaya Hawraman/Uramanat yang terjal dan terpencil merupakan bukti budaya tradisional masyarakat Hawrami.

10. Rusia

10 Negara dengan Situs Warisan Dunia UNESCO Terbanyak

Foto/The Travel

Rusia menempati posisi ke-9 dunia dengan total 29 Situs Warisan Dunia UNESCO. Di dalam perbatasannya yang luas, Anda akan menjumpai beragam lanskap yang menampilkan hutan lebat, pegunungan yang menjulang tinggi, gunung berapi aktif, dan danau yang masih asli.

Hebatnya, Rusia menempati peringkat keempat secara global dalam hal situs alam UNESCO, dengan total 11 situs, di samping 18 situs budaya menawan yang dibentuk oleh sejarahnya yang rumit. Adapun destinasi impian UNESCO kami di Rusia meliputi Kaukasus Barat, Pulau Wrangel, serta Kremlin dan Lapangan Merah yang ikonik di Moskow.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1303 seconds (0.1#10.140)