10 Negara dengan Situs Warisan Dunia UNESCO Terbanyak

Minggu, 24 September 2023 - 19:25 WIB
loading...
10 Negara dengan Situs Warisan Dunia UNESCO Terbanyak
India memiliki banyak situs warisan dunia UNESCO. Foto/The Travel
A A A
WASHINGTON - Dalam hal kekayaan budaya dan keajaiban alam, negara-negara tertentu bersinar terang di panggung global dengan menjadi tuan rumah bagi banyak Situs Warisan Dunia UNESCO. Di dunia yang penuh dengan keajaiban budaya dan alam, negara-negara tertentu telah mendapatkan pengakuan global atas kekayaan alam mereka yang luar biasa.

Berikut adalah 10 negara dengan situs warisan dunia UNESCO terbanyak.

1. Italia

10 Negara dengan Situs Warisan Dunia UNESCO Terbanyak

Foto/The Travel

Melansir The Travel, Italia memiliki 58 Situs Warisan Dunia UNESCO yang luar biasa, jumlah tertinggi yang dimiliki
negara mana pun di antara 1.157 Situs Warisan Dunia di seluruh dunia.

Situs-situs ini mencakup destinasi ikonik seperti Piazza del Duomo di Florence, pusat bersejarah Roma dan Venesia, dan pegunungan Dolomites yang menakjubkan. Khususnya, Verona, kota pecinta bernasib sial, dan stratovolcano aktif Gunung Etna juga mendapat perlindungan UNESCO.


2. China

CHina memiliki warisan yang kaya dengan 56 Situs Warisan Dunia UNESCO, yang membentang jauh melampaui Tembok Besar yang terkenal. Terasering Sawah Honghe Hani di Yunnan Selatan mencakup area seluas 16.603 hektar dan telah dibudidayakan dengan cermat oleh masyarakat Hani selama lebih dari 1.300 tahun, menciptakan pemandangan memesona saat kabut menyelimuti kolam berlapis.

Jaringan Jalur Sutra, yang membentang sepanjang 5.000 kilometer dan memiliki sejarah hampir dua milenium, merupakan situs luar biasa lainnya. Qufu melestarikan kuil, pemakaman, dan rumah keluarga Konfusius, menawarkan wawasan mendalam tentang filosofi dan budaya China.

3. Jerman

Kekayaan budaya Jerman mencakup 51 Situs Warisan Dunia UNESCO, termasuk situs Sekolah Bauhaus yang berpengaruh di Weimar dan Dessau. Katedral Cologne yang indah, sebuah mahakarya Gotik yang luar biasa dengan rentang konstruksi selama 632 tahun, menambah warisan bangsa.

Bergpark Wilhelmshöhe di Kassel menampilkan monumen Hercules dan fitur air yang menawan. Laut Wadden, yang membentang di Laut Utara, merupakan sistem dataran pasir dan lumpur pasang surut terbesar di dunia yang tidak terputus dan merupakan rumah bagi beragam kehidupan laut.

4. Prancis

10 Negara dengan Situs Warisan Dunia UNESCO Terbanyak

Foto/The Travel

Prancis memiliki hampir 50 Situs Warisan Dunia UNESCO, berbagi tempat keempat dengan Spanyol. Meskipun Paris menawarkan situs-situs terkenal seperti tepian Sungai Seine dan Katedral Notre-Dame, penjelajahan di luar ibu kota akan mengungkap harta karun seperti biara Mont Saint-Michel yang bergaya Gotik dan lereng bukit Champagne yang terkenal.

Cagar alam Teluk Porto, bagian dari Taman Alam Regional Corsica, menampilkan semak belukar yang luar biasa dan perairan murni yang penuh dengan kehidupan laut, menarik perhatian burung camar, burung kormoran, dan elang laut.

5. Spanyol

Situs Warisan Dunia UNESCO di Spanyol mencakup kreasi arsitektur luar biasa dari Antoni Gaudí, tidak hanya di Barcelona tetapi juga di situs ziarah Santiago de Compostela yang terkenal dan lanskap ngarai Mont Perdu yang dramatis di Pyrénées.

Puncak gunung Las MĂ©dulas yang terpencil, yang dulunya merupakan lokasi penambangan emas Romawi, memberikan perspektif sejarah yang unik. Ibiza menyandang status UNESCO karena ekosistem laut dan pesisirnya yang luar biasa, berbeda dari suasana klubnya yang terkenal. Ekosistem ini mendukung keanekaragaman kehidupan laut, termasuk lamun Mediterania.

6. India

India adalah rumah bagi koleksi 40 Situs Warisan Dunia UNESCO yang luar biasa, salah satu yang paling ikonik adalah Taj Mahal di Agra. Mausoleum marmer gading yang megah ini dirayakan secara global dan bahkan diakui sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia modern.

Tepat di sebelahnya, kita menemukan Benteng Merah Agra yang bersejarah, yang juga memiliki tempat yang didambakan dalam daftar kekayaan budaya UNESCO. Daftar India di UNESCO tidak berhenti pada keajaiban budaya; itu meluas hingga mencakup 32 situs budaya dan tujuh situs alam. Di antara keajaiban alam ini adalah hutan belantara Taman Nasional Kaziranga yang luas dan liar di Assam.

7. Meksiko

Permadani budaya Meksiko kaya dan bertingkat, dengan warisan yang terbentang sepanjang sejarah. Negara yang dinamis ini dengan bangga membanggakan 35 Situs Warisan Dunia UNESCO yang mengesankan, sebuah bukti akan kedalaman dan keragaman kekayaan budayanya yang luar biasa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0953 seconds (0.1#10.140)