Ahli Bedah Kembali Lakukan Cangkok Jantung Babi ke Pria Sekarat

Sabtu, 23 September 2023 - 08:16 WIB
loading...
Ahli Bedah Kembali Lakukan Cangkok Jantung Babi ke Pria Sekarat
Para ahli bedah AS kembali melakukan cangkok jantung babi ke pria sekarat. Foto/News9
A A A
WASHINGTON - Para ahli bedah Amerika Serikat (AS) kembali mencangkokan jantung babi dalam upaya memperpanjang hidup seorang pria sekarat. Dua hari kemudian, kata seorang dokter, pria itu melontarkan lelucon dan bisa duduk di kursi

Ini adalah pasien kedua yang menjalani percobaan semacam ini.



Menurut dokter di University of Maryland Medicine, seorang veteran Angkatan Laut berusia 58 tahun hampir pasti menghadapi kematian akibat gagal jantung. Tetapi masalah kesehatan lainnya membuat dia tidak memenuhi syarat untuk transplantasi jantung tradisional.

“Tidak ada yang tahu mulai saat ini dan seterusnya. Setidaknya sekarang saya punya harapan dan punya kesempatan,” kata Lawrence Faucette, dari Frederick, Maryland, dalam video yang direkam oleh rumah sakit sebelum operasi pada hari Rabu.

“Saya akan berjuang mati-matian untuk setiap napas yang bisa saya ambil,” imbuhnya seperti dikutip dari News9, Sabtu (23/9/2023).

Meskipun beberapa minggu ke depan akan menjadi masa kritis, para dokter sangat senang dengan respons awal Faucette terhadap organ babi yang dicangkok ke tubuhnya.

“Kau tahu, aku hanya terus menggelengkan kepala – bagaimana aku bisa berbicara dengan seseorang yang berhati babi?” ujar Bartley Griffith, yang melakukan transplantasi, kepada The Associated Press.

Dia mengatakan para dokter merasakan “keistimewaan yang besar, tetapi, Anda tahu, ada banyak tekanan.”

Tim Maryland yang sama tahun lalu melakukan transplantasi jantung babi pertama di dunia yang dimodifikasi secara genetik ke pria sekarat lainnya, David Bennett, yang hanya bertahan hidup selama dua bulan.



Ada kekurangan besar organ manusia yang disumbangkan untuk transplantasi. Tahun lalu, terdapat lebih dari 4.100 transplantasi jantung di AS, suatu jumlah yang memecahkan rekor, namun pasokannya sangat terbatas sehingga hanya pasien dengan peluang terbaik untuk bertahan hidup dalam jangka panjang yang dapat menerima transplantasi tersebut.

Upaya transplantasi organ dari hewan ke manusia telah gagal selama beberapa dekade, karena sistem kekebalan tubuh manusia segera menghancurkan jaringan asing tersebut. Kini para ilmuwan kembali mencoba menggunakan babi yang dimodifikasi secara genetik untuk membuat organ mereka lebih mirip manusia.

Baru-baru ini, para ilmuwan di rumah sakit lain telah menguji ginjal dan jantung babi pada tubuh manusia yang disumbangkan, dengan harapan dapat belajar cukup banyak untuk memulai studi formal tentang apa yang disebut xenotransplantasi.

Untuk melakukan upaya baru ini pada pasien yang masih hidup di luar uji coba yang ketat, para peneliti Maryland memerlukan izin khusus dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA), melalui proses yang diperuntukkan bagi kasus darurat tertentu dan tidak ada pilihan lain.

Dibutuhkan lebih dari 300 halaman dokumen yang diajukan ke FDA, namun para peneliti Maryland menyatakan bahwa mereka telah belajar cukup banyak dari upaya pertama mereka tahun lalu – meskipun pasien tersebut meninggal karena alasan yang tidak sepenuhnya dipahami – masuk akal untuk mencoba lagi.

Dan Faucette, yang pensiun sebagai teknisi laboratorium di National Institutes of Health, harus setuju bahwa dia memahami risiko prosedur tersebut.

Dalam sebuah pernyataan, istrinya, Ann Faucette, mengatakan: “Kami tidak memiliki harapan selain berharap untuk lebih banyak waktu bersama. Itu bisa saja sesederhana duduk di teras depan dan minum kopi bersama.”

Yang berbeda kali ini: Baru setelah transplantasi tahun lalu para ilmuwan menemukan tanda-tanda virus babi yang bersembunyi di dalam jantung – dan mereka sekarang memiliki tes yang lebih baik untuk mencari virus tersembunyi. Mereka juga membuat beberapa perubahan pengobatan.

Mungkin yang lebih penting, meskipun Faucette menderita gagal jantung stadium akhir dan tidak punya pilihan lain, ia tidak berada dalam kondisi hampir meninggal seperti pasien sebelumnya.

Pada hari Jumat, jantung barunya berfungsi dengan baik tanpa mesin pendukung apa pun, kata rumah sakit.

“Sungguh perasaan yang luar biasa melihat jantung babi ini bekerja pada manusia,” kata Dr. Muhammad Mohiuddin, pakar xenotransplantasi di tim Maryland.

Namun, dia memperingatkan: “Kami tidak ingin memprediksi apa pun. Kami akan menganggap setiap hari sebagai kemenangan dan bergerak maju.”

Jenis “penggunaan penuh kasih” pada satu pasien ini dapat memberikan beberapa informasi tentang cara kerja organ babi tetapi tidak sebanyak pengujian yang lebih formal, kata Karen Maschke, seorang peneliti di Hastings Center yang membantu mengembangkan rekomendasi etika dan kebijakan untuk uji klinis xenotransplant.

"Bahwa FDA mengizinkan kasus kedua ini menunjukkan bahwa badan tersebut belum siap untuk mengizinkan uji klinis jantung babi dimulai,” tambah Mashke.

Jantung babi, yang disediakan oleh Revivicor yang berbasis di Blacksburg, Virginia, memiliki 10 modifikasi genetik – menghilangkan beberapa gen babi dan menambahkan beberapa gen manusia agar lebih dapat diterima oleh sistem kekebalan manusia.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1905 seconds (0.1#10.140)