Pertama di Dunia, Jantung Babi Berhasil Dicangkokkan ke Manusia

Selasa, 11 Januari 2022 - 07:38 WIB
loading...
Pertama di Dunia, Jantung Babi Berhasil Dicangkokkan ke Manusia
Untuk pertama kali di dunia, jantung babi yang dimodifikasi secara genetik berhasil dicangkokkan pada pasien manusia. Foto/University of Maryland School of Medicine
A A A
MARYLAND - Jantung dari babi yang dimodifikasi secara genetik telah berhasil dicangkokkan pada pasien manusia di Amerika Serikat (AS). Keberhasilan ini tercatat sebagai yang pertama kali di dunia.

Fakultas Kedokteran Universitas Maryland di AS mengumumkan berita tersebut pada hari Senin waktu setempat setelah operasi pada hari Jumat pekan lalu.

Ini menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa jantung hewan dapat bertahan hidup pada manusia tanpa penolakan segera. Demikian pernyataan Fakultas Kedokteran Universitas Maryland dalam sebuah pernyataan, yang dilansir news.com.au, Selasa (11/1/2022).



Pasien berusia 57 tahun, David Bennett, menderita penyakit jantung terminal dan transplantasi adalah satu-satunya pilihan yang tersedia saat ini untuknya karena ia dianggap tidak memenuhi syarat untuk transplantasi jantung konvensional.

Fakultas tersebut mengatakan Bennett akan dipantau dengan hati-hati selama beberapa hari dan minggu berikutnya untuk menentukan apakah transplantasi memberikan manfaat menyelamatkan nyawa.

“Ini baik mati atau melakukan transplantasi tersebut. Saya ingin hidup. Saya tahu ini adalah bidikan dalam kegelapan, tetapi ini adalah pilihan terakhir saya," kata Bennett sehari sebelum operasi dilakukan.

Dia telah dirawat di rumah sakit dan terbaring di tempat tidur selama beberapa bulan terakhir.

"Saya berharap untuk bangun dari tempat tidur setelah saya pulih," ujarnya.

Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS memberikan otorisasi darurat untuk operasi pada Malam Tahun Baru melalui penyediaan akses yang diperluas.

"Ini adalah operasi terobosan dan membawa kita selangkah lebih dekat untuk memecahkan krisis kekurangan organ," kata Dr Bartley P Griffith, yang melakukan operasi tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1636 seconds (0.1#10.140)