Pria Pertama Penerima Cangkok Jantung Babi Meninggal Dunia

Rabu, 09 Maret 2022 - 22:50 WIB
loading...
Pria Pertama Penerima Cangkok Jantung Babi Meninggal Dunia
David Bennett pria pertama di dunia yang menerima cangkok jantung babi. Foto/NDTV
A A A
WASHINGTON - Orang pertama yang menerima transplantasi jantung dari babi meninggal dunia, dua bulan setelah eksperimen terobosan medis itu dilakukan. Pengumuman dikeluarkan pihak rumah sakit Maryland yang melakukan operasi, Rabu (9/3/2022).

David Bennett (57) meninggal pada Selasa di University of Maryland Medical Center. Dokter tidak memberikan informasi terkait penyebab pasti kematiannya, hanya mengatakan bahwa kondisinya mulai memburuk beberapa hari sebelumnya.

Putra Bennett memuji rumah sakit karena menawarkan eksperimen terakhir, dengan mengatakan keluarga berharap itu akan membantu upaya lebih lanjut untuk mengakhiri kekurangan organ.

“Kami berterima kasih atas setiap momen inovatif, setiap mimpi gila, setiap malam tanpa tidur yang masuk ke dalam upaya bersejarah ini,” kata David Bennett Jr. dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh Fakultas Kedokteran Universitas Maryland.

“Kami berharap cerita ini bisa menjadi awal dari harapan dan bukan akhir,” imbuhnya seperti dilansir dari The Associated Press.



Dokter selama beberapa dekade telah berusaha untuk suatu hari menggunakan organ hewan untuk transplantasi yang menyelamatkan jiwa. Bennett, seorang tukang dari Hagerstown, Maryland, adalah kandidat untuk upaya terbaru ini hanya karena dia menghadapi kematian tertentu — tidak memenuhi syarat untuk transplantasi jantung manusia, terbaring di tempat tidur dan dengan bantuan hidup, dan di luar pilihan lain.

Setelah operasi 7 Januari, putra Bennett mengatakan kepada The Associated Press bahwa ayahnya tahu tidak ada jaminan bahwa itu akan berhasil.

Upaya transplantasi sebelumnya – atau xenotransplantasi – sebagian besar telah gagal karena tubuh pasien dengan cepat menolak organ hewan. Kali ini, ahli bedah Maryland menggunakan jantung dari babi yang diedit gen. Para ilmuwan telah memodifikasi hewan untuk menghilangkan gen babi yang memicu penolakan hiper-cepat dan menambahkan gen manusia untuk membantu tubuh menerima organ tersebut.

Awalnya jantung babi berfungsi, dan rumah sakit Maryland mengeluarkan pembaruan berkala bahwa Bennett tampaknya perlahan pulih. Bulan lalu, rumah sakit merilis video dia menonton Super Bowl dari ranjang rumah sakitnya saat bekerja dengan ahli terapi fisiknya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1243 seconds (0.1#10.140)