Biden: Ukraina Akan Terima Pengiriman Tank Pertama AS Minggu Depan

Jum'at, 22 September 2023 - 21:41 WIB
loading...
Biden: Ukraina Akan Terima Pengiriman Tank Pertama AS Minggu Depan
Ukraina akan terima pengiriman tank Abrams M1 pertama AS minggu depan. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengumumkan tank Abrams M1 Amerika pertama akan mencapai Ukraina dalam beberapa hari. Hal itu diungkapkan saat bertemu koleganya dari Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Gedung Putih.

“Minggu depan, tank Abrams AS yang pertama akan dikirim ke Ukraina,” janji Biden setelah pembicaraan dengan Zelensky seperti dikutip dari RT, Jumat (22/9/2023).

Pemimpin AS tersebut mengatakan bahwa dia juga telah menyetujui tahap bantuan keamanan berikutnya untuk Kiev.

Pentagon kemudian menilai paket tersebut sebesar USD325 juta, dengan mengatakan paket tersebut mencakup pertahanan udara, amunisi untuk peluncur roket ganda HIMARS, senjata anti-tank, dan peluru artileri.

Namun bantuan itu tidak termasuk rudal jarak jauh ATACMS, yang telah diminta Kiev dari Washington selama berbulan-bulan.



Biden menegaskan bahwa dukungan AS terhadap Ukraina adalah tentang masa depan kebebasan, yang Amerika tidak akan pernah bisa, dan tidak akan pernah bisa meninggalkannya.

“Kami bersama Anda. Dan kami akan tinggal bersamamu,” dia coba meyakinkan Zelensky.

Pemimpin Ukraina tersebut, pada gilirannya, berterima kasih kepada Biden dan rakyat Amerika atas semua bantuan mereka di tengah konflik dengan Rusia. Zelensky mengatakan bahwa paket bantuan baru tersebut tepat seperti yang dibutuhkan tentara Ukraina.

Pada bulan Januari, AS berjanji untuk menyediakan 31 tank tempur Abrams M1 kepada Kiev. Tank-tank ini adalah varian M1A1 yang lebih tua, yang tidak memiliki beberapa teknologi yang lebih maju.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)