Israel Setuju AS Bangun Fasilitas Nuklir di Arab Saudi

Kamis, 21 September 2023 - 22:01 WIB
loading...
A A A
“Ada petunjuk bahwa tawar-menawar seperti itu mungkin lebih berkaitan dengan upaya menjauhkan Saudi dari pengaruh China,” klaim Bulletin tersebut.

Mereka mengkritik Gedung Putih karena melobi Kongres untuk menerima apa yang disebutnya sebagai “tuntutan” dari Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman.

Putra Mahkota secara terbuka menyatakan negaranya akan mencari senjata nuklir jika saingan regionalnya, Iran, mendapatkannya.

Dia mengulangi posisi itu pekan ini saat wawancara dengan Fox News.

“Jika mereka mendapatkannya, kita harus mendapatkannya,” tegas Mohammed bin Salman kepada jurnalis Bret Baier, setelah menyatakan mengembangkan kemampuan senjata nuklir akan menjadi kebijakan yang buruk karena senjata tersebut tidak dapat digunakan tanpa menimbulkan kemarahan seluruh dunia.

Teheran membantah mempunyai ambisi membuat bom nuklir, dan para pemimpinnya mencap senjata pemusnah massal itu “tidak Islami.”

Mereka yang skeptis terhadap pemerintah Saudi berpendapat mereka bisa menciptakan senjata nuklir terlebih dahulu.

Ada juga risiko kelompok radikal berkuasa di kerajaan tersebut dalam jangka panjang, menurut para ahli yang dikutip WSJ.

Surat kabar itu menambahkan pemerintahan Biden belum menandatangani usulan rencana yang melibatkan Arab Saudi dan Israel, dan sedang mempertimbangkan opsi lain.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1085 seconds (0.1#10.140)