Israel Setuju AS Bangun Fasilitas Nuklir di Arab Saudi

Kamis, 21 September 2023 - 22:01 WIB
loading...
Israel Setuju AS Bangun Fasilitas Nuklir di Arab Saudi
Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Israel telah menyetujui gagasan Amerika Serikat (AS) membangun fasilitas pengayaan uranium di Arab Saudi sebagai bagian dari kesepakatan yang akan membuat Riyadh membangun hubungan diplomatik dengan rezim Zionis.

Kabar tersebut diungkap dalam laporan Wall Street Journal (WSJ).

Surat kabar tersebut melaporkan Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu telah menginstruksikan para pejabat senior nuklir dan keamanan untuk bekerja sama dengan Washington dalam masalah ini.

“Kemajuan terjadi setelah Netanyahu bertemu Presiden AS Joe Biden di sela-sela sesi Majelis Umum PBB pada Rabu,” ungkap laporan WSJ pada Kamis (21/9/2023), mengutip sumber-sumber Israel dan Amerika.

Israel secara luas diyakini sebagai satu-satunya negara yang memiliki kemampuan nuklir di Timur Tengah, namun tidak pernah mengkonfirmasi statusnya.

Menurut para pejabat yang dikutip WSJ, Israel akan menerima Riyadh sebagai tuan rumah fasilitas pengayaan uranium yang dikendalikan AS.

“Fasilitas yang diusulkan mungkin akan memiliki langkah-langkah darurat sehingga dapat dinonaktifkan dari jarak jauh jika terjadi krisis,” papar surat kabar tersebut.



Para penentang kesepakatan ini mengklaim hal itu akan meningkatkan risiko proliferasi nuklir.

Bulletin of the Atomic Scientists yang terkenal dengan ‘Jam Kiamat’ yang menandai waktu yang diperkirakan tersisa hingga pemusnahan umat manusia, bulan lalu memperingatkan terhadap rencana tersebut setelah laporan pertama kali muncul di media AS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)