alexa snippet

China Bantah Cegat Pesawat Militer AS di Laut Kuning

China Bantah Cegat Pesawat Militer AS di Laut Kuning
China bantah cegat pesawat militer AS di Laut China Timur. Foto/Istimewa
A+ A-
BEIJING - China membantah tuduhan Amerika Serikat (AS) bahwa dua jet tempurnya mencegat sebuat pesawat pengisap radiasi pada awal pekan ini. Beijing mengatakan bahwa pesawatnya bertindak sesuai dengan hukum.

"Komentar terkait dari pihak AS tidak sesuai dengan fakta," kata kementerian pertahanan China dalam sebuah pernyataan yang diposting di situsnya seperti dikutip dari The Guardian, Sabtu (20/5/2017).

"Pada tanggal 17 Mei, sebuah pesawat pengintaian AS melakukan operasi di wilayah udara di atas Laut Kuning China (bagian utara Laut China Timur), dan pesawat terbang China bertindak untuk mengidentifikasi dan menyelidiki sesuai dengan undang-undang," kata pernyataan tersebut.

Kementerian pertahanan China pun menyatakan jika dua jet tempurnya bertindak profesional dan tidak melakukan aksi berbahaya. China pun mendesak AS untuk menghentikan latihan pengintaian tersebut untuk mencegah insiden di masa depan.

"Operasi pengintaian militer Amerika sering menjadi akar permasalahan keamanan antara angkatan laut serta angkatan darat China dan AS," demikian pernyataan kementerian pertahanan China.

Sebelumnya, dalam sebuah pernyataan, angkatan udara AS mengatakan pesawat WC-135 Constant Phoenix disergap oleh dua pesawat tempur Sukhoi Su-30 China. Saat itu, pesawat milik angkatan udara AS tengah menjalani misi rutin.

WC-135 adalah "pesawat sniffer" yang dirancang untuk memindai atmosfer untuk tanda-tanda aktivitas nuklir.

"WC-135 beroperasi sesuai dengan hukum internasional. Sementara kami masih menyelidiki insiden tersebut, laporan awal dari awak pesawat AS menggambarkan aksi pencegatan itu sebagai tindakan tidak profesional," kata angkatan udara AS.

Baca juga:
Bermanuver Terbang Terbalik, Jet China Cegat Pesawat AS


Pencegatan udara tengah terjadi secara rutin di wilayah udara internasional, namun militer AS sering melakukan kontak kepada pilot asing jika menilai manuver itu berisiko atau tidak profesional.



(ian)
loading gif
Top