ASEAN-China Sepakati COC Framework Laut China Selatan

Jum'at, 19 Mei 2017 - 14:08 WIB
ASEAN-China Sepakati COC Framework Laut China Selatan
ASEAN-China Sepakati COC Framework Laut China Selatan
A A A
BEIJING - ASEAN dan China berhasil menyepakati Kerangka Code of Conduct (COC Framework) di Laut China Selatan. Kesepakatan tersebut dicapai pada Pertemuan ke-14 ASEAN-China Senior Officials Meeting on the Implementation of the Declaration on the Conduct of Parties in the South China Sea (SOM on DOC) di Guiyang, China, Kamis (18/5/2017) kemarin.

Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN, Kementerian Luar Negeri, Jose Tavares, menggarisbawahi bahwa momentum yang baik antara ASEAN-China dan kemajuan dalam implementasi DOC sejak beberapa waktu terakhir membantu percepatan penyelesaian COC Framework. Lebih jauh Dirjen Jose Tavares juga menyampaikan bahwa Framework ini akan disampaikan kepada Menteri Luar Negeri ASEAN-China untuk mendapat pandangan dan persetujuan serta arahan ke depan.

Secara umum COC Framework yang disepakati terdiri atas mukadimah, tujuan, prinsip-prinsip umum, basic undertakings, dan final clauses, demikian keterangan yang diterima Sindonews dari rilis Kementerian Luar Negeri RI, Jumat (19/5/2017).

Kesepakatan atas COC Framework ini merupakan suatu capaian penting ASEAN-China mengingat proses konsultasi COC telah dimulai sejak tahun 2013 dan mendapat momentum positif setelah pada pertengahan tahun 2016 Menteri Luar Negeri ASEAN-China memberikan mandat kepada Pejabat Tinggi untuk menyelesaikan COC Framework pada pertengahan tahun 2017.

Atas dorongan Indonesia dan berdasarkan draft yang disiapkan Indonesia, maka pembahasan substantif yang menghasilkan draft pertama COC Framework dilakukan pada Pertemuan ASEAN-China Joint Working Group on the Implementation of the DOC (JWG on DOC) di Bali, pada akhir Februari 2017. Pertemuan Bali juga menyepakati suatu pendekatan (Bali Approach) yang telah meletakkan dasar yang kuat untuk upaya mempercepat pembahasan COC Framework tersebut. Pertemuan di Bali diikuti pertemuan JWG on DOC di Siem Reap, Kamboja, akhir Maret 2017, dan di Guiyang, RRT, 17 Mei 2017.

ASEAN-China SOM on DOC dan JWG on DOC merupakan mekanisme dibawah pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN dan China untuk membahas implementasi DOC secara efektif dan menyeluruh serta melakukan konsultasi dalam rangka penyusunan COC.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4271 seconds (0.1#10.140)