Jenderal Tertinggi AS: Ukraina Telah Bebaskan 54% Wilayah yang Direbut Rusia

Rabu, 20 September 2023 - 07:23 WIB
loading...
A A A
Sebagian besar pertempuran terjadi melawan posisi-posisi yang sangat dipertahankan dan mengakar—sesuatu yang telah diperingatkan oleh para pejabat militer selama berbulan-bulan.

Namun, Milley mengatakan; “Secara umum, Ukraina telah menembus beberapa lapisan pertahanan ini.”

“Ini belum 100% dapat ditembus, tetapi mereka telah menembus beberapa lapisan dan mereka bergerak sangat lambat, menjaga kekuatan tempur mereka,” imbuh Jenderal Milley.

Meskipun lambatnya kemajuan ini tidak mengherankan bagi para pemimpin militer, hal ini juga terjadi pada saat kemauan politik untuk terus mengirimkan peralatan militer dan bantuan ke Ukraina sedang ditantang di Capitol Hill.

Pada akhir Agustus, Kaukus Kebebasan DPR AS—koalisi perwakilan sayap kanan—bersumpah untuk menentang “cek kosong” untuk Ukraina. Meskipun sebagian besar anggota Parlemen di kedua partai terus mendukung bantuan Amerika, mendapatkan lebih banyak dana bisa menjadi lebih sulit setelah 70 anggota DPR dari Partai Republik mengadakan pemungutan suara pada bulan Juli untuk memotong semua pendanaan Amerika untuk negara tersebut.

Ketika ditanya secara luas tentang kritik yang ditujukan kepada para pemimpin militer Ukraina, Milley menolaknya dan menekankan bahwa negara tersebut memiliki "kekuatan tempur yang tersisa dan Ukraina sama sekali tidak punya niat untuk berhenti."

Jenderal tersebut, yang akan pensiun dari dinas pada akhir bulan ini, juga memiliki keyakinan yang besar terhadap kemampuan Amerika untuk terus memberikan bantuan.

“Amerika Serikat dan negara-negara sekutunya kaya, berkuasa, dengan sumber daya militer yang signifikan yang mampu mempertahankan perjuangan ini, dalam kata-kata Presiden Biden, selama diperlukan,” katanya.

Milley juga menambahkan bahwa bagi banyak warga Ukraina—terutama mereka yang berusia di bawah 40 tahun—mereka tidak tahu apa-apa selain “Ukraina yang bebas, mandiri, dan berdaulat.”

“Saya pikir Rusia telah melakukan salah satu kesalahan strategis terbesar yang pernah dilakukan Rusia,” kata Milley.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1059 seconds (0.1#10.140)