5 Alasan Anak Muda China Enggan Menikah, dari Krisis Ekonomi hingga Takut Memiliki Anak

Selasa, 19 September 2023 - 20:05 WIB
loading...
5 Alasan Anak Muda China Enggan Menikah, dari Krisis Ekonomi hingga Takut Memiliki Anak
Anak muda di China enggan menikah karena krisis ekonomi dan takut memiliki anak. Foto/Reuters
A A A
BEIJING - Fenomena buruk yang melanda China adalah keengganan anak mudanya untuk menikah. Itu menjadi ancaman yang menjadi perhatian serius bagi Pemerintah China.

Pasalnya, itu berdampak luas bagi jumlah populasi hingga industri pernikahan yang diperkirakan bernilai hampir USD500 miliar kini menghadapi ancaman yang lebih besar.

Berikut adalah 5 alasan kenapa anak muda China enggan menikah.

1. Melemahnya Perekonomian China

5 Alasan Anak Muda China Enggan Menikah, dari Krisis Ekonomi hingga Takut Memiliki Anak

Foto/Reuters

Tren ini, yang menjadi lebih jelas seiring dengan melemahnya perekonomian dan berkurangnya kepercayaan konsumen. Itu juga mengkhawatirkan para pejabat yang berupaya menghidupkan kembali perkawinan, dan kelahiran. Padahal angkanya turun ke rekor terendah tahun lalu, yang menyebabkan penurunan jumlah penduduk untuk pertama kalinya dalam 60 tahun.

“Jumlah pernikahan menurun dan hanya sedikit yang bersedia mengeluarkan banyak uang untuk pernikahan,” kata Yuan Jialiang, yang menjalankan bisnis perencanaan pernikahan selama hampir satu dekade di Shanghai sebelum beralih fokus pada fotografi pernikahan sebelum pandemi. “Masa depan industri ini tampaknya tidak menjanjikan.”

Terdapat 6,8 juta pernikahan di seluruh China tahun lalu. Itu sekitar 800.000 lebih sedikit dibandingkan tahun 2021 dan merupakan angka terendah sejak pemerintah mulai mempublikasikan data tersebut pada tahun 1986.

2. Memperburuk Tingkat Kelahiran Anak

Penurunan pencatatan pernikahan ini akan memperburuk penurunan angka kelahiran di China, yang kini menjadi salah satu negara dengan penuaan tercepat di dunia. Banyak kota yang menolak tunjangan pengasuhan anak atau layanan kesehatan bagi ibu yang belum menikah, dan memiliki anak di luar nikah sering kali tidak disukai.

"Ada banyak konsumen yang hanya mengatakan 'ya, pernikahan bukanlah hal yang tepat bagi saya' dan banyak orang dewasa muda di Tiongkok merasa bahwa membesarkan anak itu terlalu mahal," kata Ben Cavender, pengelola direktur dan kepala strategi di China Market Research Group, dilansir Reuters.

"Industri pernikahan tradisional China mungkin sedang menghadapi masa-masa sulit."

3. Sangat Kontras dengan Sebelum Pandemi

5 Alasan Anak Muda China Enggan Menikah, dari Krisis Ekonomi hingga Takut Memiliki Anak

Foto/Reuters

Sebelum pandemi ini melanda, pernikahan adalah bisnis besar di China, dan Daxue Consulting memperkirakan industri ini bernilai USD487 miliar pada tahun 2020.

Pasangan biasanya memilih perhiasan emas, dekorasi rumit, dan tempat mewah, namun Frank Chen, dari Chen Feng Wedding Planning di Shanghai, mengatakan hanya sedikit pernikahan tahun ini yang memiliki anggaran lebih dari USD13.736.

“Orang-orang lebih cenderung memilih pernikahan yang sederhana dan khusus,” kata Chen. Dia menambahkan bahwa satu dekade lalu, adalah hal biasa bagi pasangan untuk menghabiskan jutaan yuan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0982 seconds (0.1#10.140)