14 Bakal Calon Presiden AS di Pemilu 2024

Selasa, 19 September 2023 - 22:10 WIB
loading...
14 Bakal Calon Presiden AS di Pemilu 2024
Rakyat AS akan memberikan suaranya pada pemilu presiden pada 2024 mendatang. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Sepuluh calon dari Partai Republik sedang mencari nominasi dari partainya untuk pemilu November 2024 untuk menghadapi Presiden AS Joe Biden, yang menghadapi dua tantangan jangka panjang untuk menjadi calon dari Partai Demokrat.

Berikut adalah 14 bakal calon presiden AS pada pemilu 2024

1. Donald Trump

14 Bakal Calon Presiden AS di Pemilu 2024

Foto/Reuters

Melansir Reuters, Donald Trump, 77 tahun, telah menerima dakwaan atas empat kasus kriminal terpisah - yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi mantan presiden AS - yang telah meningkatkan popularitasnya di kalangan Partai Republik dan membantunya menjadi kandidat terdepan dalam persaingan partainya untuk nominasi presiden.

Trump menyebut dakwaan tersebut sebagai bagian dari perburuan penyihir yang bermotif politik untuk menggagalkan upayanya untuk mendapatkan masa jabatan empat tahun yang kedua, sebuah pernyataan yang dibantah oleh Departemen Kehakiman.

Sebagai tanda bahwa ia memegang kendali yang luar biasa di partainya, hanya dua pesaingnya pada debat pertama presiden dari Partai Republik pada 23 Agustus yang mengatakan mereka tidak akan mendukungnya sebagai calon presiden jika ia terbukti bersalah.

Trump telah berjanji untuk memberlakukan pembatasan imigrasi yang lebih ketat dan pembatasan perdagangan dengan China, serta melakukan pembalasan politik terhadap orang-orang yang dianggap telah berbuat salah terhadap dirinya.

Dia mempunyai pengaruh yang kuat terhadap sayap kanan partainya, namun mungkin akan kesulitan untuk mendapatkan dukungan dari kelompok moderat dan independen dalam pemilihan umum jika dia memenangkan nominasi Partai Republik.


2. Ron DeSantis

14 Bakal Calon Presiden AS di Pemilu 2024

Foto/Reuters

Setelah peluncuran kampanye yang penuh kesalahan pada bulan Mei di Twitter, yang sekarang disebut X, DeSantis memposisikan dirinya di sebelah kanan Trump dalam sejumlah isu sosial utama seperti aborsi.

Namun kampanyenya yang didanai dengan baik sulit mendapatkan dukungan, dan donor utamanya mengatakan dia tidak akan memberi gubernur Florida lebih banyak uang kecuali dia mengadopsi pendekatan yang lebih moderat.

DeSantis, 44 tahun, adalah saingan utama Trump, namun masih tertinggal sekitar 40 persen dari mantan presiden tersebut dalam jajak pendapat. Dia telah memecat stafnya dan memulai kembali kampanyenya beberapa kali sejak bulan Mei, namun langkah-langkah tersebut tidak banyak membantu meningkatkan pencalonannya.

Tim kampanye DeSantis mengatakan mereka fokus untuk menghentikan Trump di Iowa, tempat partai tersebut akan mengadakan kontes pencalonan pertamanya pada bulan Januari.

3. Mike Pence

14 Bakal Calon Presiden AS di Pemilu 2024

Foto/Reuters

Wakil presiden Trump telah berselisih dengan mantan bosnya terkait serangan pendukung Trump pada gedung Capitol AS pada 6 Januari 2021 ketika Pence berada di dalam untuk memimpin sertifikasi Kongres atas kemenangan Biden pada tahun 2020.

Pence, 64 tahun, mengatakan, “sejarah akan meminta pertanggungjawaban Trump” atas perannya dalam serangan tersebut.

Mantan gubernur Indiana yang sangat konservatif ini menyampaikan permohonannya secara langsung kepada komunitas Kristen evangelis, namun kampanyenya kesulitan mengumpulkan dana dan ia terjebak di angka satu digit dalam jajak pendapat.

4. Vivek Ramaswamy

Mantan investor dan eksekutif bioteknologi, Ramaswamy, 38, mendirikan sebuah perusahaan pada tahun 2022 untuk menekan perusahaan agar meninggalkan inisiatif lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan.

Pihak luar politik telah memicu perbincangan di kalangan akar rumput sebagai alternatif potensial bagi Trump. Dia adalah pendukung kuat mantan presiden tersebut, dan mengatakan dia akan memaafkan Trump jika dia memenangkan Gedung Putih.

5. Nikki Haley

Mantan gubernur Carolina Selatan dan duta besar Trump untuk PBB, Haley, 51 tahun, menekankan bahwa dirinya relatif lebih muda dibandingkan dengan Biden dan Trump serta latar belakangnya sebagai putri imigran India.

Haley telah mendapatkan reputasi di Partai Republik sebagai seorang konservatif solid yang memiliki kemampuan untuk mengatasi isu-isu gender dan ras dengan cara yang lebih kredibel dibandingkan rekan-rekannya.

Dia juga menyatakan dirinya sebagai pembela setia kepentingan Amerika di luar negeri. Menurut jajak pendapat, ia mendapat dukungan satu digit yang rendah di kalangan Partai Republik.

6. Tim Scott

Satu-satunya senator AS yang berasal dari Partai Republik berkulit hitam memiliki reputasi yang rendah di luar negara bagian asalnya, Carolina Selatan, namun optimisme dan fokusnya dalam menyatukan partainya yang terpecah telah membantunya membedakan pendekatan yang lebih agresif dari Trump dan DeSantis.

Namun para pendukung Scott mengakui bahwa meskipun sikapnya yang ceria adalah nilai jual, itu mungkin tidak cukup untuk menang. Scott, 57, menarik 1% dukungan di kalangan Partai Republik, menurut jajak pendapat Reuters/Ipsos.

7. Asa Hutchinson

Mantan gubernur Arkansas ini meluncurkan pencalonannya untuk Gedung Putih pada bulan April dengan seruan agar Trump mundur untuk menangani pencalonan pertamanya.

Hutchinson, 72 tahun, memuji pengalamannya memimpin negara bagian yang sangat konservatif sebagai bukti bahwa ia dapat mewujudkan kebijakan yang dipedulikan oleh pemilih Partai Republik, dengan menyebutkan pemotongan pajak dan inisiatif penciptaan lapangan kerja.

Namun, popularitas namanya masih terbatas di luar Arkansas, dan ia tidak mendapat dukungan dari Partai Republik yang disurvei oleh Reuters/Ipsos.

8. Chris Christie

14 Bakal Calon Presiden AS di Pemilu 2024

Foto/Reuters

Christie, 61, menjadi penasihat kampanye Trump di Gedung Putih, tetapi menjadi kritikus vokal terhadap mantan presiden tersebut setelah serangan pada 6 Januari 2021.

Mantan gubernur New Jersey dan jaksa federal telah meningkatkan serangan verbal ketika Trump menghadapi semakin banyak tuntutan pidana.

Christie mendapat sekitar 1% dukungan di kalangan Partai Republik dalam jajak pendapat Reuters/Ipsos.

9. Doug Burgum

14 Bakal Calon Presiden AS di Pemilu 2024

Foto/Reuters

Burgum 67, menjalani masa jabatan keduanya sebagai gubernur Dakota Utara setelah menjual bisnis perangkat lunaknya ke Microsoft Corp pada tahun 2001.

Sebagai pendukung pajak rendah dan peraturan yang lebih sedikit, ia berusaha menampilkan dirinya sebagai seorang konservatif tradisional dengan fokus pada perekonomian dan nasional. keamanan.

Salah satu kandidat yang paling tidak dikenal, ia hampir tidak mendapat dukungan sama sekali dalam jajak pendapat.

10. Will Hurd

Hurd, mantan anggota Kongres AS, adalah pengkritik tajam Trump dan anggota Partai Republik moderat yang mewakili distrik perbatasan Texas selatan hingga ia memilih untuk tidak mencalonkan diri kembali pada tahun 2020.

Pria berusia 46 tahun ini adalah kandidat kulit hitam kedua dalam pemilihan Partai Republik, setelah Scott.

11. Joe Biden

14 Bakal Calon Presiden AS di Pemilu 2024

Foto/Reuters

Biden, 80 tahun, yang sudah menjadi presiden AS tertua, harus meyakinkan para pemilih bahwa ia memiliki stamina untuk empat tahun lagi menjabat di Gedung Putih, di tengah kekhawatiran mengenai usianya dan rendahnya tingkat dukungan terhadap dirinya.

Sekutu Biden mengatakan dia merasa dialah satu-satunya kandidat dari Partai Demokrat yang bisa mengalahkan Trump. Saat mengumumkan pencalonannya, dia menyatakan bahwa tugasnya adalah membela demokrasi Amerika.

Dia tidak menghadapi ancaman serius dari penantangnya dari Partai Demokrat.

12. Robert Kennedy Jr.

14 Bakal Calon Presiden AS di Pemilu 2024

Foto/Reuters

Seorang aktivis anti-vaksin, Kennedy, 69, mengajukan upaya jangka panjang untuk menantang Biden dalam nominasi Partai Demokrat.

Dia adalah putra Senator AS Robert F. Kennedy, yang dibunuh pada tahun 1968 saat ia mencalonkan diri sebagai presiden.

Kennedy telah dilarang dari YouTube dan Instagram karena menyebarkan informasi yang salah tentang vaksin dan pandemi COVID-19.

13. Marianne Williamson

14 Bakal Calon Presiden AS di Pemilu 2024

Foto/Reuters

Penulis buku laris dan pakar pengembangan diri ini telah meluncurkan upaya keduanya yang merupakan upaya jangka panjang untuk menduduki Gedung Putih.

Dia mencalonkan diri sebagai Demokrat pada pemilihan pendahuluan presiden tahun 2020 tetapi keluar dari pencalonan sebelum suara diberikan. Dia meluncurkan kampanye terbarunya pada 23 Maret.

14. Cornel West

Aktivis politik, filsuf dan akademisi, mengatakan pada bulan Juni bahwa ia akan meluncurkan pencalonan pihak ketiga untuk menjadi presiden yang kemungkinan akan menarik pemilih progresif dan berhaluan Demokrat.

West mencalonkan diri sebagai kandidat Partai Hijau untuk mengentaskan kemiskinan dan menjamin perumahan, dan telah merekrut Peter Daou, mantan penasihat mantan Menteri Luar Negeri dan kandidat presiden tahun 2016 Hillary Clinton, sebagai manajer kampanye.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1084 seconds (0.1#10.140)