Masa Depan Jepang Terancam? 1 dari 10 Penduduknya Berusia Lebih dari 80 Tahun

Selasa, 19 September 2023 - 15:54 WIB
loading...
Masa Depan Jepang Terancam? 1 dari 10 Penduduknya Berusia Lebih dari 80 Tahun
Masa depan penduduk Jepang terancam karena banyaknya manula di negara tersebut. Foto/Reuters
A A A
TOKYO - Untuk pertama kalinya, lebih dari satu dari 10 orang di Jepang kini berusia 80 tahun ke atas. Data nasional juga menunjukkan 29,1% dari 125 juta penduduk berusia 65 tahun ke atas. Itu menjadi rekor yang mengerikan bagi masa depan negara tersebut.

Selama ini, Jepang merupakan salah satu negara dengan tingkat kelahiran terendah di dunia dan telah lama berjuang untuk memenuhi kebutuhan penduduk lanjut usia.

Melansir BBC, Jepang merupakan negara dengan populasi tertua di dunia, diukur berdasarkan proporsi penduduk berusia 65 tahun ke atas.

Proporsi tersebut mencapai 24,5% di Italia dan 23,6% di Finlandia, yang masing-masing menempati peringkat kedua dan ketiga.

Di Jepang, mereka yang berusia di atas 65 tahun diperkirakan berjumlah 34,8% dari populasi pada tahun 2040, menurut Institut Penelitian Kependudukan dan Jaminan Sosial Nasional.

Tingkat pekerjaan lansia di negara ini termasuk yang tertinggi di antara negara-negara besar lainnya – pekerja berusia 65 tahun atau lebih mencakup lebih dari 13% angkatan kerja nasional.

Namun hal ini tidak banyak meringankan beban belanja jaminan sosial negara.

Jepang telah menyetujui anggaran tertinggi untuk tahun fiskal berikutnya, sebagian karena meningkatnya biaya jaminan sosial.

Upaya untuk meningkatkan angka kelahiran juga tidak membuahkan hasil di tengah meningkatnya biaya hidup dan jam kerja yang sangat panjang.

Tingkat kelahiran melambat di banyak negara, termasuk negara tetangga Jepang, namun permasalahan ini sangat akut di Jepang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0990 seconds (0.1#10.140)