Wanita Ini Diamputasi Seluruh Tangan dan Kakinya usai Makan Ikan Nila Maut

Selasa, 19 September 2023 - 00:02 WIB
loading...
Wanita Ini Diamputasi Seluruh Tangan dan Kakinya usai Makan Ikan Nila Maut
Laura Barajas, wanita Amerika Serikat yang diamputasi seluruh tangan dan kakinya setelah makan ikan nila terkontaminasi bakteri mematikan. Foto/KRON
A A A
CALIFORNIA - Seorang wanita asal California, Amerika Serikat (AS), diamputasi seluruh tangan dan kakinya setelah dia memakan ikan nila yang terkontaminasi bakteri mematikan.

Laura Barajas, seorang ibu berusia 40 tahun, menjalani operasi penyelamatan nyawa pada hari Kamis pekan lalu setelah dirawat selama berbulan-bulan di rumah sakit.

“Ini sangat berat bagi kami semua. Ini mengerikan. Ini bisa terjadi pada siapa pun di antara kita,” kata teman Barajas, Anna Messina, kepada KRON, yang dilansir Senin (18/9/2023).

Messina mengatakan Barajas jatuh sakit beberapa hari setelah memakan ikan yang dia beli di pasar lokal di San Jose dan diolah sendiri di rumah.



“Dia hampir kehilangan nyawanya. Dia menggunakan alat bantu pernapasan,” kata Messina.

“Mereka membuatnya koma secara medis. Jari-jarinya hitam, kakinya hitam, bibir bawahnya hitam. Dia menderita sepsis total dan gagal ginjal,” ujarnya.
Wanita Ini Diamputasi Seluruh Tangan dan Kakinya usai Makan Ikan Nila Maut

Foto/KRON

Messina mengatakan Barajas terinfeksi vibrio vulnificus, bakteri mematikan yang ditemukan dalam makanan laut mentah dan air laut.

“Cara Anda tertular bakteri ini adalah, pertama, Anda memakan sesuatu yang terkontaminasi bakteri tersebut [dan] cara lainnya adalah dengan membuat luka atau tato terkena air yang menjadi tempat hidup bakteri ini,” kata pakar penyakit menular UCSF (University of California, San Francisco), Dr Natasha Spottiswoode kepada KRON.

Dia mengatakan infeksi ini sangat mengkhawatirkan bagi mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah.

Menurut CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit), ada sekitar 150-200 kasus vibro vulnificus yang dilaporkan setiap tahun. Sekitar satu dari lima orang yang terinfeksi meninggal.

Keluarga Barajas menunggu untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa yang terjadi dan bagaimana langkah selanjutnya.

Messina meluncurkan kampanye GoFundMe untuk membantu biaya pengobatan keluarga Baraja dan penyesuaiannya terhadap kehidupan barunya. Lebih dari USD24.000 telah dikumpulkan.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1637 seconds (0.1#10.140)