8 Dampak Penerapan Abraham Accords bagi Uni Emirat Arab selama 3 Tahun

Minggu, 17 September 2023 - 21:30 WIB
loading...
8 Dampak Penerapan Abraham Accords bagi Uni Emirat Arab selama 3 Tahun
Penerapan Abraham Accords antara Israel dan UEA sudah berlangsung selama tiga tahun. Foto/Reuters
A A A
ABU DHABI - Tiga tahun lalu, Amerika Serikat memediasi perjanjian antara Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain dan Israel, berjanji untuk menormalisasi hubungan antara negara-negara Teluk Arab dan Israel.

Sejak meresmikan Perjanjian Abraham pada September 2020, UEA dan Israel telah memperdalam hubungan mereka di sejumlah bidang ekonomi, serta pertahanan.

Beberapa bulan setelah kedua negara Arab menandatangani perjanjian tersebut, ada dua negara lain yang bergabung dalam perjanjian tersebut, yaitu Maroko dan Sudan, dan tampaknya AS mungkin berada di jalur yang tepat untuk menandatangani lebih banyak lagi negara Arab.

Namun dengan adanya pemerintahan sayap kanan Israel saat ini, beberapa orang percaya bahwa perluasan perjanjian tersebut telah terhenti, setidaknya untuk saat ini. Dan tiga tahun kemudian, UEA menghadapi tantangan dalam bekerja sama dengan pemerintah Israel yang paling ekstrem yang pernah ada.

Berikut adalah 8 dampak penerapan Abraham Accords bagi Uni Emirat Arab.

1. Banjir Wisatawan Israel ke UEA

8 Dampak Penerapan Abraham Accords bagi Uni Emirat Arab selama 3 Tahun

Foto/Reuters

UEA memandang dirinya sebagai penentu tren di kawasan ini, dengan kebijakan luar negeri independen yang bertujuan memajukan kepentingan nasionalnya.

Dan negara ini mendapat manfaat dari perjanjian tersebut, dengan 450.000 orang Israel mengunjungi UEA antara Januari 2021 dan Januari 2023 dan perusahaan-perusahaan Israel juga melakukan bisnis di negara Teluk tersebut.

“Bagi sejumlah besar wisatawan [Israel]… [normalisasi] ini berdampak positif karena [memungkinkan] warga negara non-dual untuk menjelajahi negara-negara baru dan mempersingkat perjalanan udara ketika negara-negara membuka wilayah udara mereka,” ungkap Mira al-Hussein, sosiolog Emirat dan peneliti pascadoktoral di Universitas Oxford, mengatakan kepada Al Jazeera.

“Bagi pengusaha Israel juga, Teluk adalah pasar baru… Bagi banyak warga Israel yang tidak senang dengan kesengsaraan ekonomi di negara mereka, UEA menjadi tujuan para pencari kerja,” tambahnya.


2. Pemerintahan Sayap Kanan Israel Persulit Posisi UEA

8 Dampak Penerapan Abraham Accords bagi Uni Emirat Arab selama 3 Tahun

Foto/Reuters

Namun berurusan dengan pemerintah Israel yang terdiri dari Bezalel Smotrich, Itamar Ben-Gvir, dan kelompok garis keras sayap kanan lainnya yang berkuasa tahun lalu adalah hal yang sulit bagi Abu Dhabi.

“Koalisi tempat UEA menandatangani perjanjian bukanlah orang atau sistem yang sedang dihadapi UEA. Ini… mengganggu kesinambungan dan keakraban,” kata al-Hussein.

Dengan latar belakang meningkatnya kekerasan Israel terhadap warga Palestina di bawah pemerintahan ini, UEA mengutuk pelanggaran hak-hak dasar Palestina yang dilakukan Israel.

Misalnya, pada bulan April 2022, Menteri Negara Kerja Sama Internasional UEA, Reem binti Ibrahim al-Hashemy, memanggil duta besar Israel untuk Abu Dhabi untuk memprotes serangan kekerasan Israel di Yerusalem dan Masjid Al-Aqsa.

UEA sambil menekankan “perlunya untuk mendorong sebuah lingkungan yang tepat yang akan memungkinkan kembalinya perundingan serius yang bertujuan untuk mencapai perdamaian yang adil dan komprehensif serta pembentukan negara Palestina yang merdeka … sesuai dengan resolusi internasional yang sah dan Inisiatif Perdamaian Arab.”

Dan kemudian, pada awal tahun ini, Abu Dhabi “meminta pemerintah Israel untuk memikul tanggung jawab mengurangi eskalasi dan ketidakstabilan di kawasan” setelah serangan Israel terhadap kamp pengungsi Jenin.

3. Ikut Mengontrol Kebijakan Dalam Negeri Israel

8 Dampak Penerapan Abraham Accords bagi Uni Emirat Arab selama 3 Tahun

Foto/Reuters

“Baru-baru ini, UEA telah menunjukkan kesediaan yang lebih besar untuk mengkritik aspek-aspek kebijakan Israel yang ditentangnya, termasuk serangan Israel terhadap kota Jenin, rencananya untuk menyetujui pembangunan 10.000 rumah baru di permukiman tersebut, dan pernyataan-pernyataan yang menghasut yang dibuat oleh tokoh-tokoh ekstremis seperti Ben-Gvir,” ungkap Elham Fakhro, peneliti di Pusat Studi Teluk Universitas Exeter, mengatakan kepada Al Jazeera.

Kritik terhadap UEA telah menyatakan keraguan apakah ketidaksenangan ini melampaui pernyataan, dan hanya untuk konsumsi domestik dan bukan untuk kepentingan rakyat Palestina. Namun, Fakhro mengatakan kesediaan UEA untuk mengkritik Israel mencerminkan “semakin meningkatnya kepercayaan UEA terhadap hubungannya dengan Israel, dan mungkin tujuannya untuk mulai menggunakan hubungan tersebut dalam upaya membentuk arah kebijakan Israel terhadap Palestina”.

4. Dipengaruhi Sekutu Utama yakni Amerika Serikat

8 Dampak Penerapan Abraham Accords bagi Uni Emirat Arab selama 3 Tahun

Foto/Reuters

Perhitungan dasar yang dilakukan Abu Dhabi dan Tel Aviv pada tahun 2020 tidak berubah, dan tampaknya memang demikian terkait dengan mereka yang mempertanyakan komitmen jangka panjang Washington terhadap Timur Tengah.

“Keharusan strategis menuju regionalisasi yang lebih besar tetap ada karena peran utama Amerika dalam keamanan menjadi semakin ambigu,” ungkap Kristin Smith Diwan, peneliti senior di Arab Gulf States Institute di Washington, DC, mengatakan kepada Al Jazeera.

“Baik [UEA dan Israel] mendapat manfaat sebagai penggerak awal dalam menciptakan hubungan yang lebih terbuka yang memperkuat posisi mereka melalui teknologi, pertahanan, dan kerja sama ekonomi.”

5. Tidak Ada Penyesalan dari UEA

8 Dampak Penerapan Abraham Accords bagi Uni Emirat Arab selama 3 Tahun

Foto/Reuters

Ilan Zalayat, analis pertahanan dan risiko politik yang berbasis di Tel Aviv, juga menilai Abu Dhabi tidak menyesali normalisasi berkat miliaran dolar perdagangan bilateral, dorongan pada sektor pariwisata, dan sistem pertahanan udara strategis yang diterimanya karena perjanjian tersebut. .

“UEA tahu apa yang mereka hadapi, menyadari sepenuhnya pada tahun 2020 bahwa konflik Israel-Palestina tidak akan berakhir, namun mereka berasumsi bahwa status quo tertentu akan dipertahankan,” kata Zalayat.

“Namun, pembicaraan para menteri dari pemerintahan sayap kanan Israel … tentang 'penghapusan' sebuah kota di Palestina atau tentang … pembangunan besar-besaran di Tepi Barat, bersamaan dengan kunjungan para menteri ke kompleks Al-Aqsa di Yerusalem, adalah hal yang tidak masuk akal. adalah sesuatu yang tidak bisa diabaikan oleh Abu Dhabi,” katanya. Dia menambahkan bahwa fase “bulan madu” Abu Dhabi dengan Israel secara efektif telah berakhir.

6. Masih Sedikit Orang UEA Berkunjung dan Berinvestasi dengan Israel

8 Dampak Penerapan Abraham Accords bagi Uni Emirat Arab selama 3 Tahun

Foto/Reuters

Meskipun warga Israel mengunjungi Dubai dan bisnis-bisnis Israel telah didirikan di UEA, jumlah warga Emirat yang berlibur di Israel atau perusahaan-perusahaan Emirat yang mendirikan bisnis di sana sangatlah kecil jika dibandingkan.

“Tampaknya tidak banyak warga Emirat yang ingin… terlibat terlalu banyak dengan Israel. Namun saya pikir kepemimpinan Abu Dhabi masih berusaha menjual ini sebagai sesuatu yang pragmatis dan bermanfaat secara finansial bagi UEA,” kata Courtney Freer, peneliti di Universitas Emory.

7. Menginspirasi Arab Saudi?

8 Dampak Penerapan Abraham Accords bagi Uni Emirat Arab selama 3 Tahun

Foto/Reuters

Ke depan, posisi Israel di Timur Tengah akan tetap genting jika Israel tidak dapat melanjutkan perjanjian dan memperluas kerja samanya dengan lebih banyak negara di kawasan.

Hadiah terbesarnya adalah Arab Saudi, yang memiliki pengaruh signifikan terhadap masa depan Kesepakatan Abraham.

Sejak tahun 2020, Riyadh dapat memantau bagaimana perjanjian tersebut dijalankan. Jika negara-negara tersebut bergabung, yang tampaknya tidak mungkin terjadi di masa mendatang, hal ini kemungkinan akan memfasilitasi negara-negara Arab-Islam lainnya untuk mengikuti langkah serupa.

UEA sendiri kini tampaknya meminta Arab Saudi untuk mengambil tugas meminta pertanggungjawaban Israel.

Pertanyaannya sekarang adalah, apakah Saudi akan menyetujui kesepakatan tersebut – dan jika mereka menyetujuinya, konsesi apa yang akan mereka peroleh?

“Normalisasi UEA dengan Israel memungkinkan Arab Saudi menghindari banyak jebakan dan kesalahan,” menurut al-Hussein.

“Arab Saudi adalah kuncinya, dan ini memberikan pengaruh besar bagi kerajaan tersebut,” kata Diwan.

8. Masa Depan Abraham Accords Tak Bisa Ditebak

8 Dampak Penerapan Abraham Accords bagi Uni Emirat Arab selama 3 Tahun

Foto/Reuters

Duta Besar UEA untuk Amerika Serikat, Yusuf al-Otaiba, mengatakan bahwa sekarang tergantung pada negara-negara lain yang berencana untuk menormalisasi hubungan dengan Israel untuk menghentikan aneksasi de facto atas Tepi Barat yang diduduki Israel.

“Kesepakatan kami didasarkan pada periode waktu tertentu, dan periode waktu tersebut hampir sama, sehingga kami tidak memiliki kemampuan untuk memanfaatkan keputusan yang dibuat di luar periode yang menjadi dasar… Kesepakatan Abraham,” kata al-Otaiba. . “Saya pikir itu tergantung pada … negara-negara di masa depan apakah mereka ingin mengambil pendekatan tersebut, namun sangat sedikit yang dapat dilakukan UEA saat ini untuk menentukan apa yang terjadi di Israel.”

Meskipun beberapa orang mungkin membantah karakterisasi kemampuan – atau keinginan – UEA – untuk mempengaruhi kebijakan Israel, negosiasi diyakini sedang berlangsung antara Arab Saudi dan Israel, dengan perantaraan AS.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1171 seconds (0.1#10.140)