Apa yang Berubah setelah 1 Tahun Kematian Ikon Perjuangan Mahsa Amini di Iran?

Minggu, 17 September 2023 - 19:35 WIB
loading...
Apa yang Berubah setelah 1 Tahun Kematian Ikon Perjuangan Mahsa Amini di Iran?
Mahsa Amini menjadi ikon perjuangan bagi kaum oposisi di Iran. Foto/Reuters
A A A
TEHERAN - Penguasa Iran telah mengintensifkan tindakan keras terhadap perbedaan pendapat satu tahun sejak kematian Mahsa Amini dalam tahanan polisi yang memicu protes yang berkembang menjadi kekacauan politik terburuk sejak Revolusi Islam 1979.

Berikut adalah 6 perubahan setelah kematian ikon perjuangan Mahsa Amini di Iran.

1. Berawal Kewajiban Berhijab

Apa yang Berubah setelah 1 Tahun Kematian Ikon Perjuangan Mahsa Amini di Iran?

Foto/Reuters

Protes dimulai segera setelah kematian wanita Kurdi Iran Mahsa Amini, 22, pada 16 September 2022, yang telah ditangkap oleh polisi moral tiga hari sebelumnya karena diduga melanggar aturan berpakaian wajib Islam di Iran.

Amini, digambarkan sebagai orang pemalu yang memikirkan urusannya sendiri dan menjauhi politik, ditahan saat dia keluar dari stasiun kereta api di Teheran.

Berita kematiannya beredar di media sosial. Protes meletus saat pemakamannya di kampung halamannya, Saqez, dan kemudian menyebar ke seluruh negeri dengan para demonstran meneriakkan “Perempuan, kehidupan, kebebasan” sebagai tantangan keras terhadap penguasa ulama Iran.

Meskipun keluarga Amini mengatakan dia terbunuh karena pukulan di kepala dan anggota tubuhnya, pihak berwenang mengatakan dia meninggal karena masalah medis, yang semakin memicu kemarahan atas kematiannya.


2. Perlawanan Etnis Minoritas Kembali Bangkit

Apa yang Berubah setelah 1 Tahun Kematian Ikon Perjuangan Mahsa Amini di Iran?

Foto/Reuters

Karena perempuan dan generasi muda sering berada di garis depan, para pengunjuk rasa menargetkan simbol-simbol Republik Islam, membakar foto Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei dan meneriakkan “Matilah Diktator”.

Perempuan, termasuk siswi, melepas dan membakar jilbab, memberontak terhadap undang-undang yang mewajibkan perempuan menutup rambut dan mengenakan pakaian longgar.

Protes ini terutama terjadi di daerah-daerah yang dihuni oleh etnis minoritas yang telah lama menghadapi diskriminasi oleh negara, termasuk suku Kurdi di barat laut dan Baluchi di tenggara.

Sementara itu, semakin banyak perempuan yang mengabaikan aturan berpakaian. Setelah seorang pecatur dan seorang pemanjat berkompetisi tanpa mengenakan jilbab, sejumlah perempuan terkemuka lainnya menentang pihak berwenang dengan melanggar undang-undang jilbab dan menyuarakan dukungan terhadap protes tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1065 seconds (0.1#10.140)