Khawatir Kerusuhan Meluas, Iran Tangkap Ayah dari Ikon Perjuangan Mahsa Amini

Sabtu, 16 September 2023 - 18:09 WIB
loading...
Khawatir Kerusuhan Meluas, Iran Tangkap Ayah dari Ikon Perjuangan Mahsa Amini
Iran khawatir kerusuhan anti-pemerintah meluas. Foto/Reuters
A A A
TEHERAN - Ayah Mahsa Amini ditahan sebentar pada Sabtu. Itu ditegaskan kelompok hak asasi manusia, di tengah kehadiran pasukan keamanan yang besar pada peringatan pertama kematian putrinya dalam tahanan polisi Iran yang memicu protes anti-pemerintah selama berbulan-bulan.

"Amjad Amini diperingatkan agar tidak memperingati kematian putrinya sebelum dibebaskan," kata Jaringan Hak Asasi Manusia Kurdistan, dilansir Reuters. Kantor berita resmi Iran, IRNA, membantah bahwa Amjad Amini ditangkap, namun tidak menyebutkan apakah ia ditahan sebentar atau diberi peringatan.

Sebelumnya, media sosial dan laporan dari kelompok hak asasi manusia menyebutkan pasukan keamanan mengambil posisi di sekitar rumah Amini di Saqez, di Iran barat.

Kematian perempuan Kurdi berusia 22 tahun dalam tahanan polisi moral tahun lalu karena diduga melanggar aturan berpakaian wajib di Republik Islam memicu protes berbulan-bulan yang merupakan unjuk rasa penentangan terbesar terhadap pihak berwenang selama bertahun-tahun.



Banyak yang menyerukan diakhirinya pemerintahan ulama Syiah yang sudah berlangsung lebih dari empat dekade.

Berdasarkan unggahan di media sosial, orang tua Amini mengatakan dalam sebuah pernyataan awal pekan ini bahwa, meskipun ada peringatan dari pemerintah, mereka akan mengadakan “upacara ulang tahun adat dan agama” di makam putri mereka yang berusia 22 tahun di Saqez.

"Kehadiran pasukan keamanan dalam jumlah besar dikerahkan di wilayah yang sebagian besar dihuni oleh suku Kurdi di Iran pada hari Sabtu untuk mengantisipasi kerusuhan," ungkap kelompok hak asasi manusia.

Serangan yang meluas juga dilaporkan terjadi di beberapa kota di wilayah Kurdistan Iran.

Namun, IRNA mengatakan kampung halaman Amini di Saqez "benar-benar sepi" dan seruan untuk melakukan serangan di wilayah Kurdi telah gagal karena "kewaspadaan masyarakat dan kehadiran pasukan keamanan dan militer".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1343 seconds (0.1#10.140)