Eks Penasihat Pentagon: Perang Darat di Ukraina Mungkin Sudah Berakhir

Minggu, 17 September 2023 - 02:30 WIB
loading...
Eks Penasihat Pentagon: Perang Darat di Ukraina Mungkin Sudah Berakhir
Tank Ukraina hancur dalam perang melawan Rusia. Foto/sputnik
A A A
WASHINGTON - Konflik yang sedang berlangsung di Ukraina mungkin akan memasuki fase baru di tengah kerugian besar yang diderita pasukan rezim Kiev.

Mantan penasihat senior Pentagon Kolonel Douglas Macgregor memperingatkan hal tersebut.

“Dengan ribuan korban jiwa di pihak Ukraina selama serangan balasan yang sedang berlangsung, Kiev nampaknya sangat membutuhkan tenaga manusia dan berusaha memperbaiki masalah ini dengan memaksa orang-orang yang tidak benar-benar mampu berperang di dalam negeri untuk mengenakan seragam militer dan berupaya memulangkan warga Ukraina usia militer dari luar negeri,” ujar Macgregor saat wawancara dengan ilmuwan politik Norwegia Glenn Diesen.

“Jadi menurut saya perang darat Ukraina, dengan segala maksud dan tujuannya, sedang terhenti atau bahkan mungkin sudah berakhir,” papar dia.

Namun Macgregor menekankan Kiev mungkin akan menyerang Rusia dengan senjata jarak jauh yang diperoleh dari sponsor Barat, seperti rudal Storm Shadow dan Taurus.

Sang kolonel berpendapat serangan Ukraina baru-baru ini terhadap Sevastopol adalah contohnya untuk memukul.



Dia mencatat tindakan ini bukan pertanda baik bagi Ukraina karena pada dasarnya tindakan tersebut membantu meyakinkan Moskow bahwa konflik Ukraina hanya dapat diselesaikan melalui cara militer.

Macgregor juga menyesalkan kepemimpinan Amerika Serikat (AS) mempertimbangkan persenjataan lain “selain senjata nuklir” yang dapat mereka gunakan melalui Ukraina daripada mencoba menegosiasikan solusi damai terhadap konflik Ukraina dengan Rusia.

“Rusia akan senang untuk duduk dan berbicara dengan seseorang yang bersedia memeriksa posisi kita, tidak ada yang akan melakukannya,” ujar dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1099 seconds (0.1#10.140)