Xi Jinping Dilaporkan Pecat Menhan China Terkait Skandal Korupsi

Sabtu, 16 September 2023 - 08:46 WIB
loading...
A A A
Sumber-sumber FT tidak menguraikan apa yang membuat mereka menyimpulkan bahwa Jenderal Li sedang diselidiki, tetapi Reuters pada hari Kamis melaporkan bahwa para pejabat Vietnam mengungkapkan bahwa Li tiba-tiba membatalkan perjalanan yang direncanakan minggu lalu, dengan alasan “kondisi kesehatan.”

Li juga gagal bertemu dengan pejabat senior militer Singapura di China pada minggu yang sama, menurut laporan Reuters.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih menjawab; "Tidak ada komentar" ketika ditanya Fox News Digital tentang laporan tersebut, Sabtu (16/9/2023).

Pemecatan beberapa pejabat tinggi militer, dan penggantian Menteri Luar Negeri China Qin Gang yang tidak dapat dijelaskan pada bulan Juli setelah penghilangan serupa dari publik, telah menimbulkan beberapa pertanyaan mengenai posisi dan penilaian Xi Jinping.

The Telegraph menyebut dorongan anti-korupsi sebagai upaya untuk memastikan kesetiaan PLA kepada Xi Jinping dan partainya. Xi Jinping telah mengupayakan upaya antikorupsi terhadap sasaran-sasaran baik di posisi tinggi maupun rendah di sektor keuangan, energi, olahraga, dan bisnis di China.

Xi Jinping memilih Li dan Qin untuk mengisi posisi mereka dan memberhentikan keduanya dalam waktu kurang dari setahun—dalam kasus Li, kurang dari enam bulan sejak pengangkatannya—dan keduanya di tengah kemungkinan tuduhan korupsi.

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan China menanggapi pertanyaan tentang pemecatan komandan Pasukan Roket dengan menekankan bahwa militer "tidak menoleransi korupsi" tanpa menyangkal bahwa para komandan tersebut sedang diselidiki.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1047 seconds (0.1#10.140)