Pertama Sejak Berkuasa Kembali, Taliban Sambut Dubes China dengan Meriah

Kamis, 14 September 2023 - 22:08 WIB
loading...
Pertama Sejak Berkuasa Kembali, Taliban Sambut Dubes China dengan Meriah
Taliban menyambut meriah dubes China untuk Afghanistan Zhao Sheng yang menjadi dubes negara asing pertama sejak mereka berkuasa kembali. Foto/Independent
A A A
KABUL - Taliban memberikan sambutan meriah kepada duta besar China untuk Afghanistan yang baru. Kehadiran duta besar China seolah mengkonfirmasi jika Beijing telah menerima penguasa sementara tersebut.

China menunjuk duta besar Zhao Sheng sebagai kepala misinya di Afghanistan, dan menjadi negara terkemuka pertama yang memiliki misi diplomatik fungsional di negara tersebut. Hal ini terjadi lebih dari dua tahun setelah jatuhnya Kabul ketika Taliban mengambil alih negara tersebut.

Mobil delegasi, dikawal konvoi polisi, meluncur ke jalan masuk Istana Kepresidenan di Kabul yang ditumbuhi pepohonan. Zhao disambut oleh tentara berseragam saat ia bertemu dengan pejabat tinggi Taliban.

Mohammad Hassan Akhund, kepala pemerintahan tertinggi Taliban, dan Amir Khan Muttaqi, menteri luar negeri, hadir pada resepsi di Kabul.

Zhao mengenakan setelan abu-abu dan didampingi oleh tim beranggotakan empat orang saat dia bertemu dengan menteri Taliban untuk menyerahkan surat kepercayaannya. Empat anggota dari kementerian Taliban juga hadir.



Pencalonan Zhao, kata menteri, adalah langkah signifikan dengan pesan yang signifikan.

“Muttaqi meyakinkan duta besar China yang baru tentang segala bentuk kerja sama dari Kementerian Luar Negeri. Menteri luar negeri menilai hubungan bilateral antara Afghanistan dan China adalah sesuatu yang istimewa,” kata wakil juru bicara Kementerian Luar Negeri Taliban sambil membagikan foto pertemuan tersebut seperti dikutip dari Independent, Kamis (14/9/2023).

Ini adalah pertama kalinya Taliban menyetujui protokol yang mewah setelah pasukan AS dan NATO menarik diri dari negara itu pada tahun 2021.

Juru bicara utama Taliban, Zabiulah Mujahid, mengatakan bahwa sudah menjadi tradisi bagi duta besar baru untuk menunjukkan surat kepercayaan mereka kepada kepala negara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1281 seconds (0.1#10.140)