Mengapa Bendungan Sungai Nil yang Dibangun Ethiopia Bisa Memicu Perang Baru dengan Mesir?

Rabu, 13 September 2023 - 05:45 WIB
loading...
Mengapa Bendungan Sungai Nil yang Dibangun Ethiopia Bisa Memicu Perang Baru dengan Mesir?
Bendungan Ethiopia bisa menjadi pemicu konflik dengan Mesir. Foto/Reuters
A A A
KAIRO - Ethiopia telah mengkonfirmasi bahwa mereka telah selesai mengisi waduk di bendungan raksasa barunya, yang menggunakan air dari Sungai Nil. Bendungan Renaisans Besar Ethiopia (Gerd) bisa menjadi pemicu perang antara Ethiopia dengan Mesir.

Maklum, Sungai Nil dianggap sebagai sumber kehidupan rakyat Mesir. Ketika pasokan air Sungai Nil berkurang karena bendungan tersebut, maka Mesir akan sangat marah.

Berikut adalah 4 alasan kenapa bendungan Ethiopia bisa memicu perang baru di Afrika.

1. Seluas Kota London

Mengapa Bendungan Sungai Nil yang Dibangun Ethiopia Bisa Memicu Perang Baru dengan Mesir?

Foto/Reuters

Bendungan Renaisans Besar Ethiopia (Gerd) berada di anak sungai Nil Biru di dataran tinggi Etiopia utara, tempat 85% air Sungai Nil mengalir.

Gerd terletak 19 mil (30 km) selatan perbatasan dengan Sudan dan merupakan proyek bendungan pembangkit listrik tenaga air terbesar di Afrika. Panjangnya lebih dari satu mil dan tinggi 145m.

Memang belum rampung, tapi pembangunannya sudah memakan waktu 12 tahun.

Waduk di belakang bendungan senilai USD4,2 miliar ini memiliki luas permukaan sebesar London Raya.


2. Menjadi Sumber Listrik Bagi Ethiopia

Mengapa Bendungan Sungai Nil yang Dibangun Ethiopia Bisa Memicu Perang Baru dengan Mesir?

Foto/Reuters

Ethiopia ingin bendungan itu dapat menghasilkan listrik bagi 60% penduduknya yang saat ini tidak mempunyai pasokan listrik.

Diharapkan hal ini pada akhirnya akan melipatgandakan produksi listrik Ethiopia, menyediakan pasokan listrik yang konstan bagi dunia usaha dan meningkatkan pembangunan.

Proyek ini juga dapat menyediakan listrik untuk negara-negara tetangga termasuk Sudan, Sudan Selatan, Kenya, Djibouti dan Eritrea.

3. Mesir Khawatir Bendungan Akan Mengurangi Debit Air Sungai Nil

Mengapa Bendungan Sungai Nil yang Dibangun Ethiopia Bisa Memicu Perang Baru dengan Mesir?

Foto/Reuters

Mesir, dengan populasi sekitar 107 juta orang, bergantung pada Sungai Nil untuk hampir seluruh air tawarnya.

Dibutuhkan untuk rumah tangga dan pertanian - terutama untuk menanam kapas, yang membutuhkan banyak air.

Air Nil juga digunakan untuk mengisi Danau Nasser, reservoir pembangkit listrik tenaga air milik Mesir, Bendungan Tinggi Aswan.

Sudan, dengan populasi 48 juta jiwa, juga sangat bergantung pada air dari Sungai Nil.

Kedua negara mempertanyakan apakah Ethiopia akan membiarkan cukup air mengalir ke wilayah mereka di masa depan.

“Langkah-langkah sepihak Ethiopia dianggap mengabaikan kepentingan dan hak negara-negara hilir dan keamanan air mereka,” kata Kementerian Luar Negeri Mesir.

Mereka berpendapat bahwa pengurangan air Sungai Nil sebesar 2% dapat mengakibatkan hilangnya 200.000 hektar lahan irigasi.

Rendahnya permukaan sungai juga dapat mempengaruhi transportasi di Sungai Nil.

“Kekhawatiran utama Mesir adalah operasi Gerd dalam jangka panjang setelah tahap pengisian awal,” kata Mohammed Basheer, dari Universitas Toronto, dilansir BBC.

“Tidak ada kesepakatan mengenai bagaimana Gerd harus dikelola selama dan setelah periode kekeringan. Ethiopia mungkin akan mengadopsi pendekatan yang memaksimalkan pembangkitan listrik setelah kekeringan, yang akan berdampak buruk bagi Mesir.”

Ethiopia mengisi bendungan tersebut dalam jangka waktu tiga tahun, menolak argumen Mesir yang mengatakan bahwa hal tersebut harus memakan waktu 12 hingga 21 tahun sebagai hal yang tidak dapat diterima.

Meskipun Sudan terkena dampak ketinggian air di Sungai Nil seperti halnya Mesir, respons negara tersebut terhadap bendungan dibatasi oleh konflik di negara tersebut.

4. Memicu Konflik sejak 2011

Mengapa Bendungan Sungai Nil yang Dibangun Ethiopia Bisa Memicu Perang Baru dengan Mesir?

Foto/Reuters

Bendungan tersebut telah menjadi sumber perselisihan antar negara sejak pembangunannya dimulai pada tahun 2011.

Sebuah perjanjian tahun 1929 (serta perjanjian lain tahun 1959) memberi Mesir dan Sudan hak atas hampir seluruh perairan Sungai Nil.

Hal ini juga memberi mereka hak untuk memveto proyek-proyek yang dilakukan oleh negara-negara hulu (seperti Ethiopia) yang akan menghilangkan bagian mereka atas air.

Ethiopia mengatakan pihaknya tidak boleh terikat oleh perjanjian lama ini, dan memutuskan untuk mulai membangun bendungan selama Musim Semi Arab, ketika terjadi kekacauan politik di Mesir.

Mesir, Sudan dan Ethiopia menandatangani perjanjian baru pada tahun 2015, namun pembicaraan mengenai bagaimana Ethiopia menggunakan air Nil untuk mengisi bendungan berulang kali gagal.

Pada tahun 2019, International Crisis Group – sebuah organisasi yang bekerja untuk mencegah perang – memperingatkan bahwa konflik bersenjata mungkin terjadi.

AS melakukan intervensi pada tahun 2019, untuk mencoba mencapai kesepakatan antara Mesir dan Ethiopia, tetapi tidak berhasil.

Pembicaraan baru dimulai kembali tiga minggu sebelum Ethiopia mengumumkan telah selesai mengisi bendungan tersebut.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1268 seconds (0.1#10.140)