Kasus Pelecehan Seksual Melibatkan Gereja Katolik di Swiss seperti Puncak Gunung Es

Rabu, 13 September 2023 - 04:45 WIB
loading...
Kasus Pelecehan Seksual Melibatkan Gereja Katolik di Swiss seperti Puncak Gunung Es
Banyaknya kasus pelecehan seksual melibatkan Gereja Katolik di Swiss membuat banyak pihak khawatir. Foto/Reuters
A A A
WINA - Penyelidikan resmi terhadap Gereja Katolik Roma di Swiss telah mengidentifikasi hampir 1.000 kasus pelecehan seksual sejak tahun 1950.

Banyak yang melibatkan anak-anak dan 56% korbannya adalah laki-laki. Mayoritas terdakwa adalah laki-laki.

Para peneliti dari Universitas Zurich juga menemukan bukti adanya “penutupan yang meluas”. “Kasus-kasus yang kami identifikasi tidak diragukan lagi hanyalah puncak gunung es,” demikian kesimpulan penelitian tersebut.

Monika Dommann dan Marietta Meier menyusun laporan tersebut setelah penyelidikan selama setahun, yang ditugaskan oleh otoritas Gereja. Mereka diberi akses terhadap arsip Gereja dan juga melakukan wawancara dengan beberapa orang, termasuk mereka yang terkena dampak pelecehan seksual.

Namun, mereka mengatakan “banyak” dokumen lain belum tersedia.

Para peneliti juga menemukan bukti bahwa catatan di dua keuskupan telah dimusnahkan dan tidak semua kasus pelecehan seksual yang dilaporkan dicatat dan kemudian diarsipkan.



“Mengingat apa yang kami ketahui dari penelitian mengenai angka gelap kejahatan, kami berasumsi bahwa hanya sebagian kecil kasus yang pernah dilaporkan,” kata Dommann dan Meier, dilansir BBC.

Lebih dari setengah kasus yang teridentifikasi terjadi pada saat kasus pastoral sedang berlangsung – khususnya pada saat pengakuan dosa, kebaktian altar dan pendidikan agama di klub dan asosiasi anak-anak.

Sebanyak 30% pelecehan ditemukan dilakukan di lembaga-lembaga termasuk panti asuhan Katolik, sekolah harian, dan sekolah berasrama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1182 seconds (0.1#10.140)