Melihat Lebih Dalam Dampak Kedekatan Kim Jong Un dan Putin yang Mengguncang Peta Perang Ukraina

Rabu, 13 September 2023 - 05:30 WIB
loading...
A A A
Pyongyang dan Moskow membantah bahwa Korea Utara akan memasok senjata ke Rusia, namun mereka berjanji untuk meningkatkan hubungan militer, mungkin termasuk latihan bersama, dan diskusi mungkin juga mencakup bantuan kemanusiaan Rusia ke Korea Utara.

Beberapa analis dan diplomat yang berbasis di Beijing mengatakan China mungkin memandang keputusan Kim untuk mengunjungi Rusia dalam perjalanan internasional pertamanya setelah bertahun-tahun sebagai hal yang sepele.

Kim mengunjungi Xi di Beijing dalam perjalanan luar negeri pertamanya sebagai pemimpin pada tahun 2018, dan mereka terakhir bertemu ketika Xi mengunjungi Pyongyang pada tahun 2019, tepat sebelum pandemi COVID meletus.

“Jika Anda adalah Xi Jinping, Anda pasti bertanya-tanya mengapa Kim mengunjungi Vladivostok dan bukan Beijing dalam perjalanan pertamanya ke luar Korea Utara sejak sebelum pandemi,” kata John Delury, profesor Studi China di Universitas Yonsei di Seoul, Korea Selatan.

“Selama Perang Dingin, kakek Kim (Kim Il Sung) secara halus dan efektif mempermainkan kesombongan dan kegelisahan Beijing dan Moskow, yang terjebak dalam persaingan untuk mendominasi blok sosialis,” tambahnya. "Dalam lingkungan baru yang mirip Perang Dingin ini, kita tidak boleh mengabaikan kemungkinan bahwa China sedikit jengkel melihat Kim memilih Putin daripada mereka."

Kementerian luar negeri China tidak segera menanggapi permintaan komentar mengenai pertemuan puncak tersebut. Beberapa akademisi Tiongkok yang dimintai komentar mengenai KTT tersebut menolak, dengan mengatakan bahwa masalah tersebut terlalu sensitif. Beberapa laporan di media pemerintah Tiongkok hanya merujuk pada pernyataan resmi dari Rusia dan Korea Utara mengenai pertemuan tersebut.

Leif-Eric Easley, seorang profesor di Universitas Ewha di Seoul, mengatakan dia tidak terkejut bahwa Kim memilih Rusia sebagai tujuan luar negeri pertamanya pascapandemi mengingat minat pemimpin Korea Utara dalam mengeksploitasi geopolitik "Perang Dingin yang baru".

"Meski begitu, ketegangan dan ketidakpercayaan masih ada di antara Korea Utara, China, dan Rusia, dan hal ini mungkin membatasi kerja sama dalam hal-hal seperti latihan militer bersama atau transfer teknologi militer yang sensitif," kata Easley.

“Putin tidak mungkin memberi Kim teknologi untuk memperkecil perangkat nuklir atau menggerakkan kapal selam bertenaga nuklir karena bahkan mesin perang yang putus asa pun tidak akan menukar senjata militernya dengan amunisi yang tua dan bodoh,” kata Easley. “Kepercayaan sangat rendah di antara Rusia, Korea Utara, dan Tiongkok sehingga aliansi nyata ketiganya tidak kredibel atau berkelanjutan.”
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1525 seconds (0.1#10.140)