Assad Sebut Front al-Nusra Dibalik Pengeboman Konvoi Pengungsi

Sabtu, 22 April 2017 - 15:43 WIB
Assad Sebut Front al-Nusra Dibalik Pengeboman Konvoi Pengungsi
Assad Sebut Front al-Nusra Dibalik Pengeboman Konvoi Pengungsi
A A A
DAMASKUS - Presiden Suriah, Bashar al-Assad, mengatakan bahwa kelompok yang sebelumnya dikenal sebagai Front al-Nusra melakukan pemboman terhadap sebuah konvoi pengungsi pada akhir pekan lalu. Serangan tersebut menewaskan setidaknya 126 orang.

Hingga saat ini, belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas pemboman tersebut. Komentar Assad tersebut dikutip oleh saluran televisi Lebanon pro-Suriah al-Mayadeen seperti disitat dari Reuters, Sabtu (22/4/2017).

Front al-Nusra adalah afiliasi formal kelompok al Qaeda di Suriah sampai akhirnya menghentikan kesetiaannya terhadap gerakan militan global tahun lalu. Kelompok ini kemudian bergabung dengan beberapa kelompok jihad lainnya dalam sebuah aliansi baru yang disebut Tahrir al-Sham pada bulan Januari.

Sebuah bom mobil bunuh diri menewaskan sedikitnya 126 orang dalam serangan di dekat bus untuk mengevakuasi warga Suriah. Insiden terjadi saat evakuasi terhadap penduduk dari dua kota Syiah yang dikepung pejuang.

Konvoi itu membawa setidaknya 5.000 orang termasuk warga sipil dan beberapa ratus pejuang pro-pemerintah. Mereka di perbolehkan melakukan perjalanan yang aman dari dua desa Syiah yang dikepung oleh pejuang.

Berdasarkan kesepakatan evakuasi, lebih dari 2.000 orang, termasuk pejuang, diberikan perjalanan yang aman dari Madaya, sebuah kota dekat Damaskus yang dikepung oleh pasukan pemerintah dan sekutu mereka.

Konvoi yang sedang menunggu di sebuah depot bus di daerah yang dikuasai pemerintah di pinggiran Aleppo ini, beberapa mil dari tempat serangan itu terjadi. Para pengungsi di Madaya mengatakan mereka mendengar ledakan itu.

Baca Juga: 68 Anak-anak Jadi Korban Serangan Bom Bus Pengungsi Suriah
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3984 seconds (0.1#10.140)