Kantor FSB Rusia Diserang, 2 Agen Intelijen Ditembak Mati

Sabtu, 22 April 2017 - 06:35 WIB
Kantor FSB Rusia Diserang, 2 Agen Intelijen Ditembak Mati
Kantor FSB Rusia Diserang, 2 Agen Intelijen Ditembak Mati
A A A
MOSKOW - Seorang pria bersenjata menembak mati tiga orang dalam serangan di kantor Dinas Keamanan Federal (FSB), sebelum akhirnya pelaku bunuh diri. Tiga orang yang ditembak mati adalah dua agen intelijen dan seorang pengunjung kantor.

Kantor FSB yang jadi lokasi serangan berada di Khabarovsk, dekat perbatasan China. Menurut FSB, pelaku melepaskan tembakan di luar pos pemeriksaan keamanan ruang tamu kantor pada hari Jumat (21/4/2017). FSB membenarkan dua petugasnya terbunuh.

Masih menurut FSB, pelaku merupakan anggota jaringan kelompok nasionalis. Pelaku pernah membunuh seorang instruktur di sebuah klub tembak dan mencuri sebuah senapan buru dan dua pistol untuk melakukan serangan di kantor FSB.

FSB adalah organisasi penerus utama KGB yang ditakuti terkait operasi kontra-terorisme. Namun, operasi intelijen FSB hanya untuk dalam negeri Rusia.

Kelompok ISIS, dalam pernyataan di media sosial yang dipublikasikan SITE, Sabtu (22/4/2017) mengklaim bertanggung jawab atas serangan pria bersenjata itu. Namun, klaim itu belum bisa diverifikasi.

Dalam serangan bom bunuh diri di stasiun Metro St Petersburg yang menyebabkan 11 orang tewas, kelompok ISIS juga mengklaim sebagai pihak yang bertanggung jawab. Namun, dalam penyelidikan oleh pihak berwenang Rusia, tidak ada bukti yang menghubungkan ISIS dengan aksi bom bunuh diri tersebut.

Tersangka dalam serangan bom di St Petersburg adalah Akbarzhon Jalilov, warga Rusia kelahiran Kyrgyzstan, yang berusia 22 tahun.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4148 seconds (0.1#10.140)