Biden: China Sibuk Urus Ekonominya Sehingga Tak Akan Serang Taiwan

Selasa, 12 September 2023 - 07:42 WIB
loading...
A A A
“Ini tentang memastikan peraturan lalu lintas—mulai dari wilayah udara dan luar angkasa di lautan, peraturan lalu lintas internasional—dipatuhi.”

Sejak Biden menjabat presiden Amerika pada tahun 2021, hubungan AS-China memburuk di tengah konflik Rusia-Ukraina dan dugaan campur tangan Washington di Selat Taiwan.

Menteri Luar Negeri China Wang Yi pekan lalu memperingatkan bahwa negara-negara Asia Tenggara berisiko digunakan sebagai pion geopolitik dan memicu krisis Ukraina versi Indo-Pasifik.

Meskipun Biden menekankan bahwa dia tidak bermaksud untuk menyakiti China, dia menambahkan, “Apa yang tidak akan saya lakukan adalah, saya tidak akan menjual bahan-bahan kepada China yang akan meningkatkan kapasitas mereka untuk membuat lebih banyak senjata nuklir, untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang bertentangan dengan apa yang dipandang—oleh sebagian besar orang dianggap—merupakan perkembangan positif di wilayah ini.”

Biden berpendapat bahwa AS memiliki perekonomian terkuat di dunia, dan dia berspekulasi bahwa kelemahan ekonomi China akan mengurangi kemungkinan terjadinya konflik antarnegara.

“Saya hanya berpikir ada hal lain yang ada di benak para pemimpin, dan mereka merespons apa yang dibutuhkan saat itu,” katanya.

Produk domestik bruto China tumbuh sebesar 5,5% pada semester pertama tahun ini, dibandingkan dengan tingkat pertumbuhan AS yang sebesar 2%.

Duta Besar China untuk Washington, Xie Feng, pada akhir bulan lalu memperingatkan bahwa mengharapkan Amerika Serikat akan berkembang jika terjadi keruntuhan ekonomi adalah sebuah “fantasi belaka”.

"Upaya AS untuk memisahkan dari Beijing secara ekonomi akan semakin mempersulit pemulihan global yang sudah sulit," katanya.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1442 seconds (0.1#10.140)