Tim Penyelamat Berlomba untuk Menemukan Korban Selamat Gempa Maroko

Minggu, 10 September 2023 - 14:47 WIB
loading...
A A A
Di Marrakesh yang bersejarah, orang-orang terlihat di TV pemerintah berkerumun di jalan-jalan, takut untuk kembali ke dalam gedung yang mungkin masih tidak stabil.

Masjid Koutoubia yang terkenal di kota itu, yang dibangun pada abad ke-12, rusak namun luasnya masih belum jelas. Menara setinggi 69 meter (226 kaki) dikenal sebagai “atap Marrakesh”. Warga Maroko juga mengunggah video yang menunjukkan kerusakan pada bagian tembok merah terkenal yang mengelilingi kota tua, sebuah situs Warisan Dunia UNESCO.

Federasi Sepak Bola Kerajaan Maroko mengumumkan bahwa pertandingan kualifikasi Piala Afrika melawan Liberia, yang sedianya dimainkan pada hari Sabtu di kota pesisir Agadir, telah ditunda tanpa batas waktu.

Palang Merah mengatakan pihaknya mengerahkan sumber daya untuk mendukung Bulan Sabit Merah Maroko, namun direkturnya di Timur Tengah dan Afrika Utara, Hossam Elsharkawi, memperingatkan: “Kami sedang menunggu tanggapan selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun.”

Angkatan bersenjata Maroko akan mengerahkan tim penyelamat untuk menyediakan air minum bersih, persediaan makanan, tenda dan selimut kepada daerah yang terkena dampak, kata pihak berwenang.

Di desa Amizmiz, dekat pusat gempa, petugas penyelamat mengangkat puing-puing dengan tangan kosong.

Di luar rumah sakit, sekitar 10 jenazah tergeletak dalam selimut sementara kerabat yang berduka berdiri di dekatnya.

“Saat saya merasakan bumi berguncang di bawah kaki saya dan rumah miring, saya bergegas mengeluarkan anak-anak saya. Tapi tetangga saya tidak bisa,” kata Mohamed Azaw kepada kantor berita Reuters.

“Sayangnya, tidak ada seorang pun yang ditemukan hidup di keluarga itu. Ayah dan putranya ditemukan tewas dan mereka masih mencari ibu dan putrinya.”

Menggarisbawahi tantangan yang dihadapi tim penyelamat, batu-batu besar yang berjatuhan menghalangi jalan dari Amizmiz ke desa terdekat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1486 seconds (0.1#10.140)