Jangan Anggap Remeh! Inilah 4 Jenis Kapal Selam yang Dimiliki Korea Utara

Sabtu, 09 September 2023 - 13:22 WIB
loading...
A A A
Sejauh ini hanya ada satu kapal selam yang ada: 8.24 Yongung (Pahlawan 24 Agustus), dan tidak jelas apakah Pyongyang memiliki rencana membangun lebih banyak kapal selam atau menggunakan kapal selam ini sebagai kapal percobaan.

Beberapa laporan Barat menyebutkan sebanyak enam kapal selam saat ini sedang dibangun.

Ukurannya diperkirakan memiliki panjang sekitar 70 meter dan berat hampir 2.000 ton, sehingga ukurannya kira-kira sebanding dengan kapal selam Type 212 Jerman.

8.24 Yongung bertenaga diesel-listrik dengan perkiraan jangkauan 1.500 mil laut.

Telah diamati penembakan rudal balistik Pukguksong-1 yang diluncurkan oleh kapal selam dan rudal jelajah yang diluncurkan kapal selam yang tidak diketahui tujuannya.

2. Kelas Sang-O


Kapal selam Sang-O atau “kelas hiu” pertama diperkenalkan pada tahun 1991 sebagai kapal selam serang diesel-listrik kecil, meskipun untuk kapal selam buatan Korea Utara, kapal ini termasuk yang terbesar.

Jangan Anggap Remeh! Inilah 4 Jenis Kapal Selam yang Dimiliki Korea Utara


Kapal selam ini memiliki panjang sekitar 34 meter dengan bobot perpindahan 370 ton.

Ia memiliki empat tabung torpedo dan dapat membawa 16 ranjau, meskipun beberapa di antaranya tidak bersenjata dan digunakan untuk mengerahkan pasukan komando amfibi.

KPN memiliki 40 kapal selam Sang-O yang beroperasi, beberapa di antaranya berbentuk memanjang, panjangnya mencapai 40 meter.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1054 seconds (0.1#10.140)