Inggris Peringati Satu Tahun Mangkatnya Ratu Elizabeth II

Jum'at, 08 September 2023 - 20:25 WIB
loading...
Inggris Peringati Satu Tahun Mangkatnya Ratu Elizabeth II
Inggris memperingati satu tahun mangkatnya Ratu Elizabeth II. Foto/Sky News
A A A
LONDON - Tembakan seremonial terdengar di seluruh Inggris pada Jumat (8/9/2023) untuk menandai aksesi Raja Charles III , saat ia memberikan penghormatan kepada ibunya, mediang Ratu Elizabeth II , pada peringatan satu tahun kematiannya.

Artileri Kuda Kerajaan Pasukan Raja menembakkan 41 senjata salam Aksesi di Hyde Park London, diikuti dengan penghormatan 62 senjata dari Menara London.

Senjata juga ditembakkan dari Kastil Edinburgh di Ibu Kota Skotlandia, Kastil Cardiff di Wales, dan Kastil Hillsborough di Irlandia Utara.

Peringatan mangkatnya Ratu Elizabeth II berlangsung sederhana pada hari Jumat, karena raja – yang sedang berada di kawasan Balmoral di Dataran Tinggi Skotlandia – tidak diperkirakan akan menghadiri acara resmi apa pun.

Dalam pernyataan singkatnya, kepala negara Inggris berusia 74 tahun itu mengenang “kasih sayang yang besar” terhadap ibunya, kehidupannya, dan pelayanan publiknya.

“Saya juga sangat berterima kasih atas cinta dan dukungan yang telah ditunjukkan kepada saya dan istri saya selama tahun ini karena kami melakukan yang terbaik untuk melayani Anda semua,” tambahnya seperti dilansir dari News.com.au.

Raja Charles III dan istrinya, Camilla, menghadiri Crathie Kirk, tempat ibadah mendiang raja di dekat Balmoral, untuk berdoa pribadi dan momen refleksi.

Raja Charles, yang mengenakan rok tartan merah, berbicara dengan para simpatisan di luar gereja setelah acara tersebut.

“Saya melihat prosesi pemakaman berlalu tahun lalu, ini adalah hari yang menyedihkan bagi semua orang,” kata Ross Nichol, seorang siswa berusia 22 tahun dari dekat Ballater, kepada AFP.

“Dia melakukan banyak hal baik dan mempunyai reputasi di dunia,” tambah turis Jerman Nicole Hoppe.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)