Mengapa Jerman dan Israel Marah dengan Pidato Presiden Palestina tentang Yahudi dan Holocaust? Berikut 3 Faktanya

Jum'at, 08 September 2023 - 06:10 WIB
loading...
Mengapa Jerman dan Israel Marah dengan Pidato Presiden Palestina tentang Yahudi dan Holocaust? Berikut 3 Faktanya
Presiden Palestina Mahmoud Abbas membuat Israel dan Jerman m,arah terkait pidatonya. Foto/Reuters
A A A
YERUSALEM - Para pejabat Jerman dan Israel mengecam Presiden Palestina Mahmoud Abbas atas komentarnya mengenai Yahudi dan Holocaust Nazi dalam pidatonya.

Abbas mengatakan Adolf Hitler memerintahkan pembunuhan massal orang-orang Yahudi karena “peran sosial” mereka sebagai rentenir, bukan karena permusuhan terhadap Yudaisme.

Duta Besar Israel untuk PBB menuduhnya melakukan "antisemitisme murni".

“Sejarahnya jelas,” kata misi Jerman di Ramallah. “Jutaan nyawa telah musnah – hal ini tidak dapat direlatifkan.”

“Kami berusaha untuk mempromosikan kenangan yang bermartabat dan akurat tentang para korban.”

Duta Besar Jerman untuk Israel, Steffen Seibert, menambahkan: “Orang-orang Palestina berhak mendengar kebenaran sejarah dari pemimpin mereka, bukan distorsi seperti itu.”

Hitler menggunakan orang-orang Yahudi sebagai kambing hitam atas penyakit Jerman. Ia juga menganggap mereka sebagai ras inferior yang harus dimusnahkan.

Presiden Palestina, yang berusia 87 tahun, sebelumnya telah dikecam oleh kelompok-kelompok Yahudi sebagai penyangkal Holocaust karena tesis doktoralnya tentang Nazi dan Zionisme.

Namun selama bertahun-tahun, ia terus memberikan pidato yang panjang dan bertele-tele yang menjelaskan pandangan-pandangannya yang ofensif.

Isi pidato terbaru presiden tersebut dibagikan di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, oleh Kementerian Luar Negeri Israel dan dikecam oleh Duta Besar Israel untuk PBB, Gilad Erdan.

“Inilah wajah sebenarnya dari ‘kepemimpinan’ Palestina,” kata Erdan, dilansir BBC. “Sama seperti Abbas yang menyalahkan orang-orang Yahudi atas Holocaust, dia juga menyalahkan orang-orang Yahudi atas semua masalah di Timur Tengah.”

“Dunia harus sadar dan meminta pertanggungjawaban Abbas dan Otoritas Palestina atas kebencian yang mereka keluarkan dan pertumpahan darah yang diakibatkannya. Tidak boleh ada toleransi terhadap hasutan dan teror Palestina!”

Uni Eropa juga mengecam pidato tersebut, yang digambarkan sebagai pidato yang “salah dan sangat menyesatkan”.

Dalam sebuah pernyataan, mereka mengatakan: "Distorsi sejarah seperti itu bersifat menghasut, sangat menyinggung, hanya akan memperburuk ketegangan di kawasan dan tidak menguntungkan kepentingan siapa pun. Hal ini menguntungkan pihak-pihak yang tidak menginginkan solusi dua negara." yang telah berulang kali didukung oleh Presiden Abbas."

“Selain itu, mereka meremehkan Holocaust dan dengan demikian memicu antisemitisme dan merupakan penghinaan terhadap jutaan korban Holocaust dan keluarga mereka.”

Pidatonya di hadapan Dewan Revolusi Fatah disampaikan bulan lalu dan kemudian disiarkan di TV Palestina. Pernyataannya kemudian diterjemahkan dan dipublikasikan oleh Middle East Media Research Institute pada Rabu. Terjemahannya telah diverifikasi oleh BBC News.

Berikut adalah 3 alasan kemarahan Jerman dan Israel atas pidato Abbas.

1. Hitler Membunuh Orang Yahudi karena Peran Sosial

Mengapa Jerman dan Israel Marah dengan Pidato Presiden Palestina tentang Yahudi dan Holocaust? Berikut 3 Faktanya

Foto/Reuters

"Mereka mengatakan bahwa Hitler membunuh orang-orang Yahudi karena mereka Yahudi, dan bahwa Eropa membenci orang-orang Yahudi karena mereka Yahudi. Tidak. Dijelaskan dengan jelas bahwa mereka memerangi mereka karena peran sosial mereka dan bukan agama mereka," kata Abbas.

Belakangan, dia menjelaskan bahwa yang dia maksud adalah peran orang Yahudi yang melibatkan "riba, uang, dan sebagainya".

Abbas juga menghidupkan kembali teori sejarah yang telah lama ditinggalkan bahwa Yahudi Ashkenazi Eropa bukanlah keturunan Israel kuno, melainkan keturunan dari abad ke-8 yang berpindah agama ke Yudaisme di antara suku Khazar, suku Turki yang nomaden.


2. Orang Yahudi di Eropa Bukan Orang Semit

Mengapa Jerman dan Israel Marah dengan Pidato Presiden Palestina tentang Yahudi dan Holocaust? Berikut 3 Faktanya

Foto/Reuters

“Kebenaran yang harus kita sebarkan ke dunia adalah bahwa Yahudi Eropa bukanlah orang Semit. Mereka tidak ada hubungannya dengan Semitisme,” katanya. “Adapun Yahudi Timur, mereka adalah orang Semit,” tambahnya, mengacu pada Yahudi Sephardic dari Timur Tengah yang lebih luas.

Presiden Trump sebelumnya menimbulkan kehebohan internasional karena melontarkan saran serupa pada tahun 2018, dalam apa yang ia gambarkan sebagai “pelajaran sejarah” pada pertemuan langka Dewan Nasional Palestina.

Tujuannya pada kesempatan tersebut adalah untuk memperdebatkan hubungan antara orang-orang Yahudi dan Israel modern. Hak atas tanah merupakan inti konflik Israel-Palestina dan terkait dengan narasi sejarah kedua bangsa.

3. Menyamakan Israel dengan Nazi Jerman

Mengapa Jerman dan Israel Marah dengan Pidato Presiden Palestina tentang Yahudi dan Holocaust? Berikut 3 Faktanya

Foto/Reuters

Pada bulan Mei, Abbas dikritik karena menyamakan Israel dengan Nazi Jerman dalam pidatonya di sebuah acara PBB. Dia menuduh negaranya berbohong "seperti Goebbels", merujuk pada Joseph Goebbels, kepala propagandis partai Nazi.

Tahun lalu, ada kemarahan internasional setelah ia mengklaim Israel telah melakukan "50 pembantaian; 50 holocaust" dalam konferensi pers dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz di Berlin. Kanselir kemudian mengatakan dia "muak dengan pernyataan keterlaluan itu" dan Israel serta AS mengeluarkan pernyataan yang tegas.

Setelahnya, pemimpin Palestina mengeluarkan klarifikasi di kantor berita resmi Palestina, Wafa. Dia tidak secara eksplisit meminta maaf namun mengatakan bahwa Holocaust adalah "kejahatan paling keji dalam sejarah manusia modern" dan komentarnya tidak dimaksudkan "untuk menyangkal keunikan Holocaust".
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1665 seconds (0.1#10.140)