Xi Jinping Tidak Hadiri KTT G20, Joe Biden Kecewa

Selasa, 05 September 2023 - 03:24 WIB
loading...
Xi Jinping Tidak Hadiri KTT G20, Joe Biden Kecewa
Presiden AS Joe Biden kecewa Presiden China Xi Jinping tidak akan menghadiri KTT G20 di New Delhi, India. Foto/Los Angeles Times
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan dia "kecewa" karena Presiden China Xi Jinping berencana melewatkan KTT G20 mendatang di India.

"Saya kecewa... tapi saya akan menemuinya," kata Biden kepada wartawan pada hari Minggu, namun tidak mengatakan kapan ia akan bertemu dengan Xi Jinping seperti dilansir dari BBC, Selasa (5/9/2023).

Beijing mengatakan pada hari Senin bahwa perdana menterinya Li Qiang akan memimpin delegasi China pada pertemuan puncak di Delhi minggu ini.

Xi Jinping dan Biden terakhir kali bertemu pada KTT G20 di Indonesia tahun lalu.

Hubungan AS-China tetap tegang meski ada banyak kunjungan diplomatik dari Washington tahun ini untuk menghidupkan kembali dialog.

Kementerian Luar Negeri China tidak membenarkan atau menyangkal kehadiran Xi Jinping di KTT Delhi ketika ditanya secara tegas pada konferensi pers hari Senin.



"Li Qiang akan memimpin delegasi China untuk menghadiri KTT G20. Ini adalah forum ekonomi global yang besar dan penting. China selalu mementingkan hal ini dan secara aktif berpartisipasi dalam acara-acara terkait," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China.

Namun laporan berita, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya yang mengetahui masalah tersebut, mengatakan pekan lalu bahwa Xi Jinping tidak berencana untuk hadir.

Kabar ini muncul di tengah memburuknya hubungan antara China dan India. Antara lain, kedua negara saling berhadapan di sepanjang perbatasan yang disengketakan di wilayah Himalaya. 0
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1804 seconds (0.1#10.140)