Sembilan Warga Malaysia yang Dibebaskan Korut Tiba di Kuala Lumpur

Jum'at, 31 Maret 2017 - 05:31 WIB
Sembilan Warga Malaysia yang Dibebaskan Korut Tiba di Kuala Lumpur
Sembilan Warga Malaysia yang Dibebaskan Korut Tiba di Kuala Lumpur
A A A
KUALA LUMPUR - Sembilan warga Malaysia yang dibebaskan oleh Pyongyang telah tiba di Kuala Lumpur. Mereka dibebaskan menyusul kesepakatan yang mengakhiri krisis diplomatik atas pembunuhan Kim Jong-nam.

Pesawat Bombardier BD-700 milik maskapai penerbangan Global Express yang membawa tiga staf kedutaan dan enam anggota keluarga mendarat di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada Jumat (31/3/2017). Mereka bertemu dengan Menteri Luar Negeri Malaysia Anifah Aman dan kerabat seperti dikutip dari Channel News Asia.

Sembilan warga Malaysia diizinkan meninggalkan Pyongyang pada Kamis di bawah kesepakatan di mana jasad Kim Jong-nam akan dikirim ke Korut.

Baca Juga: Akhiri Ketegangan, Malaysia Serahkan Jasad Jong-nam ke Korut

Kim Jong-nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un yang diasingkan, tewas pada Februari 13 di bandara Kuala Lumpur. Jong-nam tewas setelah terpapar racun saraf VX.

Pembunuhan Jong-nam memicu pertikaian diplomatik antara Malaysia dan Korut. Kedua negara mengusir duta besar masing-masing dan saling sandera warga negara.

Laporan media China, Jepang dan Malaysia mengatakan jasad Kim Jong-nam ditempatkan di pesawat yang terbang ke Beijing pada hari Kamis seiring warga Malaysia lepas landas dari Pyongyang dengan pesawat jet perusahaan milik pemerintah Malaysia.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3529 seconds (0.1#10.140)