Akhiri Ketegangan, Malaysia Serahkan Jasad Jong-nam ke Korut

Kamis, 30 Maret 2017 - 23:38 WIB
Akhiri Ketegangan, Malaysia Serahkan Jasad Jong-nam ke Korut
Akhiri Ketegangan, Malaysia Serahkan Jasad Jong-nam ke Korut
A A A
KUALA LUMPUR - Malaysia akhirnya menyerahkan jasad Kim Jong-nam kepada pemerintah Korea Utara (Korut). Jasad saudara tiri pemimpin Korut Kim Jong-un itu ditempatkan di pesawat yang terbang ke Pyongyang.

Penyerahan jasad Kim Jong-nam itu sebagai bagian dari kesepakatan untuk mengakhiri ketegangan kedua negara. Sebagai gantinya, sembilan warga Malaysia yang dilarang meninggalkan Korut telah diizinkan untuk naik pesawat untuk keluar dari Pyongyang.

Kesembilan warga Malaysia meninggalkan Pyongyang dengan pesawat jet bisnis Royal Air Force Malaysia yang terbang langsung ke Korut sebelum balik ke Malaysia, menurut situs pelacak penerbangan planefinder.net.

"Setelah selesai otopsi pada almarhum dan penerimaan surat dari keluarganya yang meminta dikembalikan ke Korea Utara, petugas koroner telah menyetujui menyerahkan jasad Kim Jong-nam," kata Perdana Menteri Malaysia Najib Razak dalam pernyataannya seperti dikutip dari Reuters, Kamis (30/3/2017).

Pernyataan itu tidak menyebutkan nama Kim Jong-nam. Kim Jong-nam dibunuh di bandara Kuala Lumpur pada 13 Februari lalu.

Sebelumnya, sebuah sumber kepada Reuters mengatakan pihak berwenang bersiap-siap untuk mengangkut jasad Kim pada penerbangan Malaysia Airlines MH360 ke Beijing. Penerbangan itu akan tiba di Beijing setelah tengah malam.

Perjanjian pertukaran ini mengakhiri hampir tujuh minggu kebuntuan diplomatik antara kedua negara. PM Najib mengatakan kembalinya sembilan warga Malaysia dari Pyongyang adalah prioritas Malaysia.

Sumber-sumber diplomatik mengatakan Korut menuntut penyerahan jasad Jong-nam dan tiga tersangka yang bersembunyi di kedubesnya dalam pertukaran tersebut. Namun belum diketahui apakah para tersangka diizinkan meninggalkan Malaysia, meskipun beberapa media lokal melaporkan bahwa mereka mengambil penerbangan ke Beijing.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5084 seconds (0.1#10.140)