Citra Satelit Tunjukkan Aktivitas di Situs Uji Coba Nuklir Korut

Minggu, 26 Maret 2017 - 15:30 WIB
Citra Satelit Tunjukkan Aktivitas di Situs Uji Coba Nuklir Korut
Citra Satelit Tunjukkan Aktivitas di Situs Uji Coba Nuklir Korut
A A A
WASHINGTON - Gambar citra satelit dari situs uji coba nuklir Korea Utara (Korut) menunjukkan aktivitas yang sibuk. Hal ini memicu kekhawatiran potensi peluncuran rudal atau uni coba nuklir.

Gambar satelit komersial dari situs uji coba nuklir Korut, Punggye-ri, menunjukkan empat atau lima kendaraan atau trailer hadir di pintu masuk situs. Situs tersebut sebelumnya menjadi lokasi empat tes nuklir Korut.

Menurut laporan think tank Amerika Serikat (AS), North38, kemungkinan kegiatan itu menunjukkan Korut bersiap-siap untuk uji coba nuklir keenam. Citra satelit juga menunjukkan bahwa beberapa bahan bangunan, mungkin pasir dan batu-batuan kerikil, berada di lokasi.

"Material tersebut, jika pasir dan batu kerikil, bila dicampur dengan beton, mungkin dimaksudkan untuk 'stem', yaitu terowongan dari plug semen guna mencegah ledakan nuklir beterbangan ke atmosfer," bunyi laporan itu seperti dikutip dari IB Times, Minggu (26/3/2017).

Citra satelit juga dilaporkan menunjukkan beberapa troli tambang dan dua truk di Portal bagian barat, ada sedikit aktivitas di lokasi situs nukli tersebut. Menurut North38, kurangnya aktivitas dapat menunjukkan bahwa Pyongyang berada di tahap akhir persiapan tes atau situs tersebut dalam mode operasi standar.

Masih belum jelas apakah laporan kehadiran kendaraan di lokasi nuklir Punggye-ri merupakan indikasi dari kesediaan Pyongyang untuk melakukan uji coba nuklir lagi.

Sebelumnya, para pejabat Korea Selatan (Korsel) memperingatkan bahwa Pyongyang tampak berada dalam tahap akhir mempersiapkan uji coba nuklir. Uji coba itu bisa dilakukan dalam hitungan jam setelah pemimpin Korut, Kim Jong-un, mengeluarkan perintah.

Minggu lalu, sejumlah laporan menyatakan bahwa Korut tengah mempersiapkan lagi uji coba rudal atau nuklir, di tengah meningkatnya ketegangan dnegan tetangganya dan Barat.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4701 seconds (0.1#10.140)