Mantan Donatur Kampanye Presiden Zelensky Didakwa Melakukan Pencucian Uang

Sabtu, 02 September 2023 - 17:53 WIB
loading...
Mantan Donatur Kampanye Presiden Zelensky Didakwa Melakukan Pencucian Uang
Ukraina sangat intensif memberantas korupsi. Foto/RT
A A A
KIEV - Pihak berwenang Ukraina telah memberi tahu oligarki Igor Kolomoysky, yang dukungannya membantu Vladimir Zelensky mengamankan kursi kepresidenan, bahwa ia dicurigai melakukan penipuan dan pencucian real estat di tengah upaya Kiev melawan korupsi yang merajalela.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu, Dinas Keamanan Ukraina (SBU) mengatakan bahwa miliarder tersebut – yang digambarkan sebagai “pemilik de facto dari kelompok keuangan dan industri besar” – telah melegalkan lebih dari USD13,5 juta pada tahun 2017. “mentransfernya ke luar negeri, dengan menggunakan infrastruktur lembaga perbankan yang dikuasainya.”

Pejabat Ukraina menyatakan bahwa Kolomoysky, yang memiliki kewarganegaraan Siprus dan Israel, diberitahu bahwa ia dicurigai atas dua tuduhan – penipuan, dan legalisasi properti yang diperoleh dengan cara kriminal.

Informasi ini juga dikonfirmasi oleh Kantor Kejaksaan Agung Ukraina, yang mengatakan bahwa Kolomoysky “diberikan mosi untuk memilih tindakan pembatasan pra-persidangan,” dan menambahkan bahwa badan tersebut melanjutkan penyelidikannya terhadap masalah tersebut dengan berkoordinasi dengan SBU dan Badan Ekonomi. Biro Keamanan.

Hal ini terjadi setelah rumah Kolomoysky digeledah oleh agen SBU pada awal Februari. Pada saat itu, penggerebekan dilaporkan berfokus pada potensi keterlibatan Kolomoysky dalam dugaan penggelapan USD1,1 miliar dan penghindaran bea masuk di perusahaan minyak Ukrtatnafta dan Ukrnafta.



Kolomoysky mulai memasuki kancah politik pada tahun 2014, ketika ia diangkat menjadi gubernur Wilayah Dnepropetrovsk tenggara setelah kudeta yang didukung Barat di Kiev. Namun, setahun kemudian, ia diberhentikan dari jabatannya karena konflik dengan Presiden Ukraina saat itu Pyotr Poroshenko di tengah perebutan kendali atas Ukrnafta dan operator pipa minyak milik negara Ukrtransnafta.

Pada tahun 2016, pihak berwenang Ukraina juga menasionalisasi PrivatBank milik Kolomoysky setelah menyatakannya sebagai ancaman besar terhadap sistem keuangan negara tersebut menyusul tuduhan penipuan skala besar.

Kolomoysky juga secara luas dianggap memainkan peran utama dalam naiknya kekuasaan Presiden petahana Vladimir Zelensky. Sebelum meluncurkan kampanye politiknya pada tahun 2019, Zelensky adalah seorang komedian, yang acaranya dipandu oleh perusahaan media yang dikendalikan Kolomoysky. Tokoh terkemuka itu sendiri mengatakan dia “ingin” Zelensky menjadi presiden, namun menolak melakukan kontak dekat dengannya.



Pada tahun 2021, Departemen Luar Negeri AS memberikan sanksi kepada Kolomoysky dan anggota keluarganya, dengan alasan keterlibatannya “dalam tindakan korupsi yang merusak supremasi hukum dan kepercayaan masyarakat Ukraina terhadap lembaga demokrasi pemerintah mereka.” Pada Juli 2022, media di Ukraina melaporkan bahwa paspor Ukrainanya dicabut.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1104 seconds (0.1#10.140)