Politisi Pro Permukiman Jadi Dubes AS untuk Israel

Jum'at, 24 Maret 2017 - 17:38 WIB
Politisi Pro Permukiman Jadi Dubes AS untuk Israel
Politisi Pro Permukiman Jadi Dubes AS untuk Israel
A A A
WASHINGTON - Senat Amerika Serikat (AS) mengkonfirmasi politi sayap kanan David Friedman sebagai Duta Besar untuk Israel. Friedman mendapat dukungan 52 berbanding 46 dalam pemungutan suara.

Friedman dikenal sangat kritis terhadap kebijakan AS yang mendukung solusi dua negara untuk mengakhiri konflik Israel-Palestina. Ia juga mendukung permukiman Yahudi di Tepi Barat yang diduduki, dan telah mendukung pemindahan kedutaan besar AS ke Yerusalem seperti dikutip dari BBC, Jumat (24/3/2017).

PBB tidak mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel, dan kedutaan AS telah berada di Tel Aviv selama beberapa dekade. Palestina menginginkan Jerusalem Timur sebagai Ibu Kota negara masa depan mereka yang dijanjikan. Tapi Israel mengklaim seluruh kota sebagai ibu kotanya yang tidak dibagi.

Selama sidang konfirmasi pada bulan Februari lalu, Friedman meminta maaf kepada anggota parlemen untuk bahasa kasar di masa lalunya dan berjanji untuk menjadi "menghormati dan penuh pertimbang" jika dikonfirmasi.

Pria yang pernah menjadi pengacara Trump ini juga sosok yang menyarankan Trump terkait isu-isu AS-Israel selama kampanye pemilu. J Street, kelompok Yahudi pro-Israel yang berbasis di Washington, menentang pencalonannya. Mereka mengatakan ia tidak memiliki surat kepercayaan diplomatik. Tapi organisasi konservatif Yahudi Amerika memberikan dukungannya.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, yang tidak memiliki hubungan yang hangat dengan Presiden Barack Obama, menyambut baik pencalonan Friedman.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4288 seconds (0.1#10.140)