Mohamed Al-Fayed, Pemilik Harrods yang Putranya Berkencan dengan Putri Diana, Meninggal pada Usia 94 Tahun

Sabtu, 02 September 2023 - 05:41 WIB
loading...
A A A
Pengambilalihan Harrods secara penuh dendam pada tahun 1985 memicu salah satu perselisihan bisnis paling sengit di Inggris, sementara pada tahun 1994 ia menyebabkan skandal dengan terungkapnya bahwa ia telah membayar politisi untuk mengajukan pertanyaan atas namanya di parlemen.

Seperti banyak miliarder lainnya, al-Fayed menolak konvensi. Dia pernah berkata ingin menjadi mumi di sarkofagus emas di piramida kaca di atap Harrods.

Di toko, tempat dia menerapkan aturan berpakaian - bahkan untuk pelanggan - yang dia terapkan secara langsung, dia memasang patung peringatan perunggu Diana dan Dodi yang sedang menari di bawah sayap elang laut.

Sebagai pemilik Fulham, ia mendirikan patung Michael Jackson berpayet yang lebih besar dari aslinya di luar lapangan meskipun penyanyi tersebut hanya menghadiri satu pertandingan. Ketika orang-orang mengeluh, dia berkata: "Jika beberapa penggemar bodoh tidak memahami atau menghargai hadiah seperti itu, mereka bisa masuk neraka."

Sebagian besar masa lalu al-Fayed masih suram - bahkan tanggal lahirnya. Dia mengatakan dia lahir di Mesir yang saat itu dikuasai Inggris pada tahun 1933. Namun, penyelidikan pemerintah Inggris terhadap pengambilalihan Harrods mengatakan pada tahun 1929.



Al-Fayed menjadi penduduk di Inggris pada tahun 1974 dan menambahkan al pada namanya. Menganggap ini sebagai kesombongan, majalah satir Private Eye menjulukinya "Firaun Palsu".

Pada tahun 1985, ia dan saudara-saudaranya mengalahkan pengusaha Roland "Tiny" Rowland hingga Harrods, salah satu toko paling terkenal di dunia.

Al-Fayed berharap dengan membeli toko tersebut akan membuatnya diterima di masyarakat Inggris. Sebaliknya, hal ini menyebabkan serangkaian konfrontasi sengit.

Rowland membawa al-Fayed dan saudara-saudaranya ke penyelidikan Departemen Perdagangan, mengklaim bahwa mereka telah salah mengartikan kekayaan mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1566 seconds (0.1#10.140)