Mohamed Al-Fayed, Pemilik Harrods yang Putranya Berkencan dengan Putri Diana, Meninggal pada Usia 94 Tahun

Sabtu, 02 September 2023 - 05:41 WIB
loading...
A A A
Penyelidikan tersebut menimbulkan keraguan mengenai asal usul mereka sebagai bagian dari keluarga bisnis kaya, hubungan bisnis masa lalu, dan sumber daya keuangan independen mereka.

Setelah seperempat abad kepemilikannya, al-Fayed menjual Harrods ke dana kekayaan negara Qatar pada tahun 2010.

Permohonan Al-Fayed untuk mendapatkan kewarganegaraan Inggris ditolak oleh pemerintah pada tahun 1995. Dia mengatakan rasisme membuatnya berada di ambang penerimaan.

Setahun sebelumnya, al-Fayed telah mempermalukan pemerintah dengan mengungkapkan bahwa ia telah memberikan hadiah dan pembayaran kepada politisi sebagai imbalan atas pertanyaan-pertanyaan parlemen yang diajukan kepadanya. Skandal yang disebut "uang tunai untuk pertanyaan" ini mengakhiri karier empat politisi, termasuk seorang menteri.

Tuduhan pencemaran nama baik ini melemahkan Partai Konservatif, yang kalah telak dalam pemilihan umum melawan pemimpin Partai Buruh Tony Blair pada tahun 1997.

Kemudian, musim panas itu, putra al-Fayed, Dodi, mulai menjalin hubungan dengan Putri Diana, yang menceraikan Pangeran Charles, pewaris Inggris. Dodi dan Diana difoto oleh tabloid Inggris sedang berlibur di kapal pesiar di selatan Prancis.

Setelah melakukan perjalanan ke Paris, pasangan itu terbunuh ketika Mercedes mereka, yang dikendarai dengan kecepatan tinggi oleh seorang sopir yang sedang minum wiski dan berusaha menghindari paparazzi, menabrak pilar beton di terowongan Pont de l'Alma.

Dilanda kesedihan dan rasa ketidakadilan yang luar biasa, al-Fayed menghabiskan jutaan dolar untuk perjuangan hukum guna memastikan adanya pemeriksaan.

Ketika kejadian ini dimulai di London satu dekade setelah kecelakaan itu, al-Fayed menuduh semua orang dari keluarga kerajaan, perdana menteri Blair, saudara perempuan Diana, Sarah, petugas pembalsem tubuh Diana dari Perancis, dan pengemudi ambulans Paris terlibat dalam insiden tersebut.

Namun juri mengatakan pasangan itu dibunuh secara tidak sah oleh sopir mereka. Al-Fayed mengatakan dia menerima putusan tersebut dan menghentikan upaya hukum untuk menunjukkan bahwa mereka dibunuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1462 seconds (0.1#10.140)