Indonesia Campakkan Pernyataan Bersama Pentagon tentang China dan Rusia

Jum'at, 01 September 2023 - 20:46 WIB
loading...
Indonesia Campakkan Pernyataan Bersama Pentagon tentang China dan Rusia
Menteri Pertahanan AS Lloyd J Austin disambut di Jakarta oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, 21 November 2022. Foto/DoD/Chad J. McNeeley
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Indonesia Prabowo Subianto membantah mengeluarkan pernyataan bersama dengan Menhan Amerika Serikat (AS)Lloyd Austin selama kunjungan ke Washington pekan lalu.

Bantahan itu muncul setelah Pentagon menerbitkan siaran pers “bersama” yang dikaitkan dengan Indonesia yang mengkritik Rusia dan China.

Berbicara kepada wartawan pada hari Kamis (31/8/2023), Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan pernyataan AS tidak mencerminkan posisi Indonesia.

Dia menyatakan Indonesia mengupayakan hubungan persahabatan dengan Rusia dan China.

“Tidak ada pernyataan bersama dan tidak ada konferensi pers. Yang penting saya garis bawahi adalah hubungan kita dengan China sangat baik. Kami saling menghormati, kami sudah memiliki saling pengertian. Saya menyampaikan hal itu di AS,” tegas dia, dilansir RT.com.

Dia menambahkan, “Kami berteman dekat dengan China, kami menghormati Amerika, dan kami menjalin persahabatan dengan Rusia.”

Prabowo kemudian mengumumkan rencana mengunjungi Beijing dan Moskow dalam beberapa bulan mendatang.



Dia menyuarakan harapan Indonesia dapat berfungsi sebagai “jembatan” antara negara-negara yang bersaing.

Surat resmi Pentagon, yang diterbitkan pada tanggal 24 Agustus 2023 berjudul ‘Pernyataan Pers Bersama Kementerian Pertahanan Amerika Serikat dan Kementerian Pertahanan Indonesia’, memiliki nada yang berbeda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0971 seconds (0.1#10.140)