3 Pasang Negara Asia Timur yang Bermusuhan, Salah Satunya Imbas Perang Dingin

Rabu, 30 Agustus 2023 - 13:59 WIB
loading...
3 Pasang Negara Asia Timur yang Bermusuhan, Salah Satunya Imbas Perang Dingin
China-Taiwan, China-Jepang, dan Korea Utara-Korea Selatan, merupakan tiga pasang negara Asia Timur yang saling bermusuhan. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Tiga pasang negara Asia Timur ini terkenal akan permusuhannya sejak dulu. Bahkan perjanjian damai belum mampu untuk mengendalikan negara-negara yang tengah bersitegang tersebut.

Salah satu hal yang mendasari konflik antar-negara ini adalah perebutan wilayah.

Meskipun proses penyelesaian konflik telah dirancang dengan berbagai cara, sejumlah gesekan-gesekan kecil yang kerap muncul selalu menimbulkan konflik baru.

3 Pasang Negara Asia Timur yang Saling Bermusuhan

1. China dan Taiwan


Sejak awal, Taiwan merupakan pulau telah memerintah sendiri secara independen. Namun China memandang pulau tersebut bagian dari wilayahnya dan berusaha untuk menundukannya.

Ketika Taiwan memiliki pemerintahan yang berjalan secara demokratis, para pemimpin politik di pulau itu menyuarakan pandangan yang berbeda dengan China.

Menurut laman CFR, ketegangan antara China dan Taiwan semakin memanas setelah terpilihnya Presiden Tsai Ing-wen di Taiwan pada 2016. Tsai yang menolak peningkatan hubungan lintas selat dengan China lantas membuat Beijing geram dan mulai melakukan tindakan agresif.

Terbaru adalah ketika China mengerahkan pesawat tempurnya ke wilayah perbatasan dekat Taiwan pada 2022. Serangan itu banyak dikhawatirkan karena berpotensi menyeret Amerika Serikat—sebagai pendukung Taipei—ke dalam perang dengan China.

2. China dan Jepang


Meskipun Jepang dan China telah melakukan normalisasi hubungan sejak 1972, kedua negara maju di Asia ini masih kerap berselisih.

Dilansir dari VoA News, perselisihan kedua negara disebabkan oleh sengketa pulau-pulau di Laut China Timur dan meningkatnya keagresifan militer dan ekonomi China di kawasan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0939 seconds (0.1#10.140)