6 Anggota Baru Bergabung, Ini Urutan Negara BRICS dengan Populasi Muslim Terbanyak

Selasa, 29 Agustus 2023 - 11:55 WIB
loading...
6 Anggota Baru Bergabung, Ini Urutan Negara BRICS dengan Populasi Muslim Terbanyak
BRICS menjadi kekuatan geopolitik dan geoekonomi yang berpengaruh di dunia. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - BRICS merupakan kelompok ekonomi dunia yang belakangan ini sering menjadi perhatian. Awalnya, mereka memiliki anggota yang terdiri atas Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan (South Africa).

Pada perkembangannya, BRICS muncul dengan membawa banyak program yang menarik perhatian. Terbaru, mereka juga resmi mengumumkan enam negara sebagai anggota baru.

Negara itu terdiri atas Argentina, Iran, Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab (UEA) dan Ethiopia. Melihat status warga negaranya, negara anggota BRICS memiliki penganut agama Islam yang cukup besar, meski tidak semuanya menjadi mayoritas. Berikut urutannya.

Urutan Negara BRICS dengan Populasi Muslim Terbanyak.

1. India

India adalah sebuah negara di kawasan Asia Selatan. Pada persentase penduduk yang dimiliki, mereka masuk jajaran teratas dari negara terpadat di dunia.

Mayoritas penduduk di India memeluk agama Hindu. Meski demikian, mereka juga memiliki populasi Muslim dengan angka yang besar.

Mengutip The Times of India, warga Muslim di India diperkirakan mencapai 14,2 persen dari total populasi negara tersebut. Untuk angkanya sendiri, persentase tersebut diperkirakan mencapai 19,7 crore atau hampir 200 juta jiwa.

Angka tersebut menjadikan India sebagai negara anggota BRICS yang memiliki populasi Muslim terbanyak berdasarkan jumlah. Mereka bahkan mengungguli negara-negara seperti Arab Saudi hingga Iran yang baru bergabung.


2. Mesir

Mesir menjadi negara penting bagi dunia Islam, baik secara historis maupun budaya. Dengan total populasi mencapai lebih dari 100 juta jiwa, mereka menjadi salah satu rumah bagi populasi Muslim terbesar.

Populasi Muslim di Mesir diperkirakan mencapai 90 persen dari total penduduk. Untuk angkanya sendiri adalah sekitar 95 juta jiwa.

3. Iran

Berikutnya ada Iran. Menurut laman Departemen Luar Negeri AS, populasi Muslim di Iran mencapai lebih dari 99 persen.

Populasi Muslim di Iran terdiri atas sebagian besar Syiah. Sementara sisanya adalah Sunni dan lainnya.

Jumlah penduduk Muslim di Iran diperkirakan mencapai lebih dari 82 juta jiwa. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu yang terbesar di kelompok BRICS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1817 seconds (0.1#10.140)