Anak Papua Kibarkan Merah Putih di Melbourne

Selasa, 29 Agustus 2023 - 09:48 WIB
loading...
Anak Papua Kibarkan Merah Putih di Melbourne
KJRI Melbourne menggelar upacara bendera yang dihadiri diaspora Indonesia. Foto/KJRI Melbourne
A A A
MELBOURNE - Momen Agustusan bagi masyarakat Indonesia yang berada di luar negeri, khususnya di Melbourne, Australia , merupakan salah satu momen yang selalu ditunggu-tunggu dan penuh haru. Pasalnya, itu merupakan kesempatan bagi seluruh diaspora Indonesia berkumpul dan bersama-sama mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan penuh bangga.

Perayaan HUT RI-ke 78 tahun 2023 kali ini dirasa cukup spesial, dengan mengusung tema ‘Terus Melaju untuk Indonesia Maju’, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Melbourne merangkul 12 mahasiswa dan mahasiswi Indonesia yang berasal dari berbagai kalangan sebagai pasukan pengibar bendera (Paskibra), termasuk dua putra dan putri terbaik Papua yang sedang melanjutkan sekolah di Melbourne, yaitu ananda Stenley Penggu dan ananda Maakita Agapa.



Bagi Stenley menjadi bagian Paskibra adalah suatu kebanggaan yang luar biasa baginya dan keluarga besar di Papua. "Setelah menunaikan tugas saya langsung menelpon keluarga saya dan mereka menyampaikan salam kepada semua saudara sesama Papua di Melbourne," kata Stenley, seperti rilis yang diterima Sindonews.

Sebelumnya, KJRI Melbourne menyelenggarakan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di halaman depan KJRI pada pagi hari yang dilanjutkan dengan berfoto bersama dan ramah tamah. Hari itu halaman depan KJRI dipenuhi oleh sekitar 500 peserta yang datang dengan berbagai pakaian nasional.

Anak Papua Kibarkan Merah Putih di Melbourne

Foto/KJRI Melbourne

Emma salah satu pengunjung menyampaikan bahwa dirinya sengaja bangun pagi agar bisa menikmati nasi kuning dari KJRI setelah upacara pagi, ‘setelah ini saya akan ikut meramaikan juga pengibaran yang di Fed Square, karena di sana pasti juga sama serunya, dan banyak juga yang tidak sempat upacara pagi, bergabung ke Fed Square’. Rangkaian upacara dimeriahkan pula oleh suguhan lagu-lagu riang oleh kelompok paduan suara asal Melbourne yang dibentuk oleh mahasiswa dan mahasiswi Indonesia yaitu grup Temulawak.



"Pengibaran Bendera Merah Putih di Federation Square merupakan suatu legacy KJRI Melbourne sejak tahun 2010 yang akan kami teruskan setiap tahunnya," ungkap Konjen RI Melbourne, Kuncoro Waseso.

Kuncoro juga menyampaikan bahwa tahun ini adalah tahun yang penuh tantangan untuk bisa mendapatkan izin oleh pihak Fed Square mengingat HUT RI kali ini bertepatan dengan penyelenggaran FIFA’s Women World Cup 2023, di mana Melbourne menjadi salah satu tuan rumahnya. Meskipun demikian, upacara di Fed Square tetap terselenggara dengan baik dan meriah, mengingat terdapat sekitar 550 peserta yang memadati salah satu tempat paling iconic di kota Melbourne.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)