Akta Lahir Ini Tunjukkan Obama Lahir di Kenya, Bukan AS

Sabtu, 11 Maret 2017 - 03:30 WIB
Akta Lahir Ini Tunjukkan Obama Lahir di Kenya, Bukan AS
Akta Lahir Ini Tunjukkan Obama Lahir di Kenya, Bukan AS
A A A
WASHINGTON - Saudara tiri mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, Malik Obama menjadi sorotan publik Washington setelah mengunggah akta lahir Obama. Di akta itu, Obama tertulis lahir di Mombasa, Kenya, bukan di AS.

Foto akta lahir Obama diunggah Malik di Twitter. Meski demikian, keaslian dari akta itu masih dipertanyakan, terlebih Malik dan Obama berbeda pandangan politik.

Malik merupakan pendukung Donald Trump dalam pemilu November 2016 lalu. Sedangkan Obama yang memang politikus Partai Demokrat, mendukung Hillary Clinton.

”Tentunya. Apa ini?,” tulis Malik di Twitter yang mengacu pada foto akta lahir Obama yang dia unggah, seperti dikutip dari The Independent, Sabtu (11/3/2017).

Legitimasi Obama sebagai presiden AS sudah lama dipertanyakan sejak muncul isu bahwa Obama tidak lahir di AS atau bukan warga AS. Jika kebenaran foto akta lahir yang diunggah Malik itu terverifikasi, maka jabatan presiden selama dua periode yang disandang Obama akan dipertanyakan soal keabsahannya.

Selama pemilu November 2016 lalu, Donald Trump yang saat itu menjadi calon presiden dari Partai Republik pernah mempertanyakan status Obama. Tapi, Trump saat itu memilih mundur dari polemik status kelahiran Obama dengan mengakui bahwa pendahulunya itu memang lahir di AS.

Ketegangan antara Trump dan Obama terus terjadi. Ketegangan terbaru soal tuduhan bahwa Obama memerintahkan penyadapan terhadap Trump Tower—markas tim Donald Trump--selama kampanye pemilu. Tapi, tuduhan itu telah dibantah Obama membantah.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3343 seconds (0.1#10.140)